Skip to main content

Peradaban Kardashev Tipe II Alien Bintang KIC 8462852

Penelitian ~ Bintang aneh dalam galaksi mungkin emisi lalu lintas penerbangan alien antar planet. Para astronom sedang berjuang menjelaskan pola cahaya aneh bintang KIC 8462852.

Meskipun NASA Kepler Space Telescope mengamati batuan, asteroid di orbit bintang-bintang jauh dan fitur lain seperti cincin planet, perangkat juga memiliki potensi mengintip mega struktur buatan asing.

Para ilmuwan telah lama melihat benda-benda berantakan dan aneh berputar di sekitar bintang jauh. Mereka juga sedang mencari peradaban di exoplanet untuk melihat lebih dekat.

Di langit belahan Bumi Utara melayang di atas Bima Sakti, 2 rasi angsa Cygnus dengan sayap terentang penuh, dan kecapi Lyra disertai puisi Yunani dari mana asal muasal lirik.

Di antara kedua rasi duduk sebuah bintang yang tidak biasa. Tidak terlihat dengan mata telanjang, tapi terlihat Kepler yang menatap selama lebih dari 4 tahun sejak tahun 2009.

"Kami belum pernah melihat sesuatu seperti bintang ini. Benar-benar aneh. Kami pikir mungkin data buruk atau gerakan Kepler yang buruk, semuanya diperiksa," kata Tabetha Boyajian, astronom Yale University.

Kepler ditugaskan mencari dips kecil cahaya yang dipancarkan bintang. Dips lebih dari 150.000 bintang secara bersamaan dengan bayangan transit planet berulang secara berkala seperti gerhana Bumi mengorbit Matahari.

Begitu banyak cahaya dikumpulkan dan tim sains Kepler tidak mampu memproses semuanya menggunakan algoritma. Mereka membutuhkan mata dan kognisi manusia dalam mengenali pola.

Astronom Kepler mendirikan Planet Hunters, sebuah program yang meminta "ilmuwan warga" untuk memeriksa pola cahaya yang dipancarkan oleh bintang-bintang dari rumah mereka sendiri.

Pada tahun 2011 beberapa warga mencentang satu bintang sebagai "menarik" dan "aneh". Bintang ini memancarkan pola cahaya yang tampak asing daripada apapun yang mencurigakan. Pola cahaya menunjuk kekacauan materi.

Dugaan adalah bintang muda seperti ketika Tata Surya terbentuk 4,5 miliar tahun lalu. Disk berantakan penuh debu dan puing-puing mengeliligi Matahari sebelum gravitasi mengorganisir planet dan cincin dari batu dan es teratur.

Tapi bintang yang tidak biasa ini bukan bintang muda. Jika masih muda harus dikelilingi debu yang mengeluarkan cahaya ekstra inframerah. Tidak ada kelebihan cahaya inframerah di sekitar bintang.

"Tampak persis seperti yang Anda bayangkan tentang bangunan peradaban alien," kata Boyajian.

Para ilmuwan menunjukkan data mempesona dan memasang kemungkinan mega struktur aktivitas peradaban, meskipun alien harus selalu hipotesis terakhir dalam pertimbangan.

Pada tahun 1960 astronom Rusia Nikolai Kardashev menteorikan skala peradaban super canggih berdasarkan energi yang digunakan sama dengan output emisi bintang host yang kemudian disebut Peradaban Kardashev Tipe II.

"KIC 8462852 tidak teratur, dips aperiodik dengan fluks turun ke bawah level 20%. Kegiatan bisa bertahan selama antara 5 hingga 80 hari," kata Boyajian dan tim.

"Kami menentukan bahwa KIC 8462852 adalah deret utama bintang F3 V/IV dengan periode rotasi ~0,88 d yang menunjukkan tidak ada kelebihan IR signifikan," kata Boyajian.
Planet Hunters X. KIC 8462852 - Where's the Flux?

T. S. Boyajian et al.

arXiv, Submitted on 11 Sep 2015, arXiv:1509.03622

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.