Skip to main content

Edit Gen CRISPR Transplantasi Organ Babi Ke Manusia

Penelitian ~ Editing gen membuat babi lebih aman untuk transplantasi manusia, metode CRISPR atau Cas9 menonaktifkan virus yang membuat organ berbahaya aman bagi manusia.

Organ babi belum digunakan untuk transplantasi sebagian karena membawa virus yang dapat menginfeksi, tapi para ilmuwan membuat langkah besar menggunakan gen-editing untuk menonaktifkan 62 virus secara bersamaan.


Sel babi berisi beberapa salinan virus tertanam disebut porcine endogenous retroviruses (PERVs) seperti copy-paste diri menjadi DNA yang dapat mengganggu gen penting manusia mengarah kanker atau penyakit lain.

Sebuah tim di Harvard University pekan ini meletakkan uang muka bahwa metode baru pengeditan gen mendekatkan transplantasi organ babi ke manusia semakin menjadi kenyataan

Di Amerika Serikat saja 122.500 orang menunggu transplantasi organ untuk menyelamatkan jiwa dan pasokan organ babi diharapkan dapat menutup kekurangan tersebut.

DNA penuh dengan salinan urutan DNA sisa-sisa virus dan masih dapat menghasilkan partikel menular. PERVs berpindah dari babi ke sel manusia di piring petri dan tikus dengan sistem kekebalan lemah.

Sementara penelitian tidak sejauh menunjuk bahwa organ-organ ini aman bagi manusia, peneliti memamerkan teknik editing gen baru yang menghapus beberapa rintangan potensial transplantasi tersebut.

George Church, genetikawan Harvard Medical School dan salah satu pelopor teknik CRISPR, mengedit gen untuk menghapus semua salinan PERVs dari situ DNA sel babi itu sendri secara bersamaan.

Ini contoh paling ekstrim pengubahan genetik melalui CRISPR yang juga meningkatkan harapan bahwa teknologi akhirnya bisa membuat organ babi klop untuk tubuh manusia.

"Pada dasarnya bidang ini murung selama 15 tahun. Tapi saya teknik baru ini mengubah permainan sepenuhnya," kata Church.

CRISPR menggunakan mekanisme pertahanan alami bakteri untuk menargetkan potongan khusus DNA dalam genom yang memungkinkan para ilmuwan mengganti urutan individu.

Peneliti menargetkan titik tertentu dalam genom dengan untai pendek panduan RNA dan kemudian mengiris dengan enzim yang mengganggu aktivitas gen atau pola penyisipan baru.

PERVs tidak bisa membesar tanpa genom babi, itu sebabnya dokter kadang-kadang berhasil transplantasi organ babi dalam potongan seperti kulit dan katup jantung, tetapi belum pernah mencoba seluruh organ.

Untuk mewujudkannya Church ikut mendirikan sebuah perusahaan biotek eGenesis untuk menyempurnakan proses dan embrio hasil pengeditan hampir siap ditanamkan dan dibawa ke kamar operasi.
Genome-wide inactivation of porcine endogenous retroviruses (PERVs)

Luhan Yang et al.

Science, October 11 2015, DOI:10.1126/science.aad1191

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.