Skip to main content

Danau Gale Planet Mars Cukup Lama Tergenang Air

Penelitian ~ Danau besar sekali membasahi lanskap Mars selama ribuan tahun pada suatu waktu. Kawah Gale pernah diisi dengan air cair.

Bukit-bukit Mars modern diukir air yang menghilang. Tapi di Kawah Gale air berkumpul menjadi danau kemudian menggenang tenang selama ratusan hingga ribuan tahun pada suatu waktu.

Jika rover Curiosity tiba di Mars jutaan tahun lalu, ia harus berenang dengan pelampung. Sedimen dan tanda-tanda erosi menunjuk danau kuno di Planet Merah pernah diisi air untuk setidaknya 100 sampai 10.000 tahun.

Sementara hidup relatif singkat menurut standar Bumi, danau berlama-lama tergenang datang dan pergi selama jutaan tahun menyimpan potensi cukup panjang untuk mendukung kehidupan.

Para ilmuwan mengangkat semakin tinggi teori sejarah planet basah dari sedimen kerikil dan pasir yang dibawa arus air dan mengikis dinding utara kawah dalam rangkaian sungai dangkal yang mengisi danau purba.

"Kami memiliki potongan danau dan sekarang menemukan lapisan utama," kata John Grotzinger, geolog California Institute of Technology.

Tergantung pada iklim yang berubah-ubah, danau tumbuh dan menyusut dari waktu ke waktu. Fitur baru mendukung teori danau termasuk deposit setebal 1 hingga 4 meter menyerupai lumpur delta.

Danau mungkin muara es dari tepi utara kawah sejauh 2 atau 3 kilometer di atas permukaan air. Bahkan oleh salju yang disampaikan pola cuaca dari lautan hipotetik di utara.


"Batu tidak dibawa oleh bencana, arus lebih berkelanjutan dengan sederhana sedalam pergelangan kaki," kata Grotzinger.

Sementara belum ada bukti-bukti definitif kehidupan di luar Bumi, catatan geologi menginput akun materi utama air dan tempat-tempat di mana bisa diakses bagi evolusi kehidupan mikroba.

Sejak mendarat di Kawah Gale pada tahun 2012, rover Curiosity mengambil foto dan mengebor batu menghasilkan banyak bukti bahwa air cair hadir di masa lalu planet berwarna coklat tanah liat.

Di Yellowknife Bay, rover bahkan menemukan tanda-tanda jelas lingkungan berisi materi kimia ramah kehidupan. Para ilmuwan belum tahu berapa lama dunia basah mengalir pada urutan jutaan tahun.

Sistem intracrater muncul sebentar-sebentar selama ribuan sampai jutaan tahun menyiratkan iklim relatif basah yang menyediakan kelembaban bibir kawah dan diangkut melalui aliran sedimen ke danau berbentuk baskom.

Jika genangan air memang berumur panjang berarti atmosfer lebih tebal dari perkiraan dengan gumpalan awan berarak yang lebih banyak tampak seperti planet Bumi itu sendiri.
Deposition, exhumation, and paleoclimate of an ancient lake deposit, Gale crater, Mars

J. P. Grotzinger et al.

Science, 9 October 2015, DOI:10.1126/science.aac7575

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.