Skip to main content

Sekuen Genom Nyamuk Chikungunya Aedes albopictus

Penelitian ~ Sekuen genom nyamuk macan Asia Aedes albopictus terbit, genetika salah satu pengisap darah paling terkenal di Bumi pembawa virus chikungunya selesai diurutkan.

Genom Aedes albopictus dengan petak DNA berulang mengidentifikasi sangat besar gen yang terlibat dalam kekebalan, resistensi insektisida, penentuan jenis kelamin dan penciuman.

Gen dapat mengungkap rahasia sukses spesies penjajah global yang membawa virus chikungunya itu sendiri. Beberapa bagian juga menyerupai genom virus yang mendukung teori asal muasal coevolusi nyamuk dan flavivirus.

Para ilmuwan melaporkan urutan yang memberi wawasan bagaimana transmisi penyakit menular seperti chikungunya dan demam berdarah mempengaruhi jutaan orang setiap tahun di seluruh dunia.

Sekuen memberi pandangan pertama yang menawarkan janji besar pemahaman strategi untuk mengontrol serangga paling invasif dan berdampak langsung kepada manusia.

Hal yang lebih mendesak dari semuanya adalah tingkat tinggi migrasi A. albopictus yang bergerak dalam beberapa tahun terakhir dari habitat tropis alami di Asia Tenggara ke berbagai belahan dunia termasuk Eropa, Amerika dan Afrika.

Gejolak global risiko penyebaran skala besar A. albopictus termasuk pemanasan iklim, urbanisasi dan pengalihan lahan. Angka papan tulis sebanyak 400 juta orang meringkuk akibat infeksi virus demam berdarah dan chikungunya

Para ilmuwan sekarang berada di posisi lebih baik untuk mengidentifikasi seberapa penyakit ditularkan kepada manusia oleh nyamuk dan menemukan cara-cara efesien untuk mencegahnya.
Genome sequence of the Asian Tiger mosquito, Aedes albopictus, reveals insights into its biology, genetics, and evolution

Xiao-Guang Chen et al.

Proceedings of the National Academy of the Sciences, October 19, 2015, DOI:10.1073/pnas.1516410112

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.