Skip to main content

Kimbetopsalis simmonsae, Mamalia Selamat Dari Kiamat

Credit: Sarah Shelley
Penelitian ~ Mamalia bergigi bertahan sementara dinosaurus tumbang. Kimbetopsalis simmonsae, mamalia kecil berbulu seperti berang-berang selamat dari kepunahan.

Sebuah asteroid jatuh dari langit di suatu hari mengubah dunia dalam sekejap mata geologi menjadi setitik noda kecil sejarah waktu 4,5 miliar tahun planet Bumi.

Mamalia seukuran tikus perkasa sementara semua anggota keluarga besar dinosaurus tumbang ketika batu angkasa apokaliptik memukul dan membuat magma kerak Bumi gelisah 66 juta tahun lalu.

Dinosaurus mendominasi lebih dari 100 juta tahun dan cepat pergi. Mereka yang hidup dalam bayang-bayang monster selama puluhan juta tahun berhasil melewati kepunahan dan berkembang sangat cepat.

Mamalia multituberculate mirip rodent dating 65,5 juta tahun dengan berbagai katup pada gigi tonggos menggiling makanan berdaun dengan geraham sangat besar adalah cerita pemberani.

Multituberculate hidup berdampingan dengan dinosaurus, tapi secara elegan bertahan dari kepunahan massal akhir Cretaceous. Mereka hidup selama 30 juta tahun sebelum akhirnya punah juga.

"Ini cukup besar dan karena kompleksitas gigi jelas makan tanaman," kata Steve Brusatte, paleontolog University of Edinburgh di Skotlandia.

Credit: Tom Williamson

Para ilmuwan menunjuk berang-berang seberat 40 kilogram dan panjang 0,5 meter mungkin nenek moyang evolusioner multituberculate yang lebih besar seperti Taeniolabis taoensis dengan berat 100 kg.

"Mereka datang hanya beberapa ratus ribu tahun setelah kepunahan, jadi agak rapi untuk menemukan mamalia cukup besar, kita berbicara ukuran berang-berang," kata Brusatte.

"Mereka tidak dapat tumbuh lebih besar karena hampir pasti semua dinosaurus relung ekologi tanpa memberi kesempatan," kata kata Brusatte.

Selama regim dinosaurus berkuasa, mamalia mungil seukuran tikus menyelinap dalam gelap. Tapi ketika dinosaurus non-avian lengser, mamalia terus diversifikasi dan mengambil alih panggung.

"Itu bagian dari deskripsi seberapa cepat mamalia mulai mekar dan seberapa cepat berkembang dan menciptakan dunia baru benar-benar dalam ribuan tahun setelah kepunahan," kata Brusatte.

Hutan hujan sangat produktif dengan banyak buah dan benih pohon. Tanaman berbunga mendominasi dan benar-benar meningkatkan keanekaragaman sebagai sumber makanan baru.
A new taeniolabidoid multituberculate (Mammalia) from the middle Puercan of the Nacimiento Formation, New Mexico, and a revision of taeniolabidoid systematics and phylogeny

Thomas E. Williamson, Stephen L. Brusatte, Ross Secord and Sarah Shelley

Zoological Journal of the Linnean Society, 5 OCT 2015, DOI:10.1111/zoj.12336

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.