Skip to main content

Ciuman Kematian Sistem Bintang Ganda VFTS 352

Penelitian ~ Sistem bintang biner langka dalam pergolakan kematian final sebelum meledak sebagai supernova menjadi jazad lubang hitam ganda.

Sebuah sistem binari luar biasa di mana 2 bintang begitu dekat hingga permukaan tumpang tindih memberi sekilas langka ke dalam apa yang diyakini acara kosmik singkat.

Ciuman di dekat galaksi Awan Magellan Besar bukanlah momen romantis karena mereka saling memberikan ciuman kematian. Gravitasi menyeret satu sama lain menyebabkan permukaan saling terkunci.

Bintang yang baru ditemukan pada akhirnya merger membentuk sebuah bintang raksasa berputar cepat 600.000 tahun ke depan atau mungkin mati dalam ledakan supernova dan membentuk lubang hitam biner 3 juta tahun lagi.

Para astronom bersemangat menonton adegan besar-besaran sistem VFTS 352 bergumul sejauh 160.000 tahun cahaya dari Bumi di Nebula Tarantula menggunakan ESO Very Large Telescope.

Kedua bintang hampir identik dalam ukuran, massa gabungan 57 kali Matahari dan 1 juta kali lebih terang. Kedekatan berbagi 30% materi menciptakan jembatan yang menghubungkan kedua permukaan.

Kedua bintang adalah Tipe-O yang bersinar biru-putih dengan suhu permukaan lebih dari 40.000 derajat Celcius dan menyelesaikan orbit satu sama lain hanya dalam 1 hari Bumi.



"VFTS 352 kasus terbaik bintang ganda panas dan masif yang saling mencampur internal," kata Leonardo Almeida, astronom University of São Paulo di Brasil.

Core terpisah hanya 12 juta kilometer dan gaya pasang surut intens gravitasi mengaduk materi dalam interior. Salah satu biner paling panas dan ekstrim yang pernah ditemukan.

"Masa depan VFTS 352 tidak pasti. Jika keduanya bergabung, maka berputar sangat cepat menjadi satu," kata Almeida.

"Sebaliknya, jika terus berkembang secara homogen pada akhir memenuhi persyaratan untuk nenek moyang sinar gamma dalam skenario bintang kolaps," kata Almeida.
Discovery of the massive overcontact binary VFTS 352: Evidence for enhanced internal mixing

L.A. Almeida et al.

arXiv, Submitted on 29 Sep 2015, arXiv:1509.08940

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.