Skip to main content

Vokal Vs. Testis, Evolusi Seleksi Seksual Monyet Howler

Penelitian ~ Urusan seks adalah bisnis paling mahal dan Anda tidak bisa memiliki semuanya. Monyet howler Alouatta harus memilih salah satu: suara berat-dalam atau testis besar.

Tak semua bisa diraih. Monyet howler dengan suara berat lebih bersaing dibanding laki-laki lain. Tapi, sayangnya organ vokal paling bagus cenderung memiliki testis lebih kecil.

Pengorbanan evolusi harus terlibat untuk menjamin kelangsungan hidup spesies. Hewan harus memilih membuat banyak kebisingan atau banyak sperma karena melakukan keduanya hanya membuang energi dan waktu.

Laki-laki dominan selalu memikat perempuan, tapi jika Anda monyet howler perempuan berhati-hatilah di balik celana dalam bahwa pelamar bersuara megah cenderung memiliki meriam Napoleon kecil.

Para ilmuwan menunjuk contoh lain seleksi seksual Charles Darwin yang terlambat 150 tahun bahwa laki-laki yang memiliki tulang hyoid untuk menampung gelombang udara kecil justru memiliki testis lebih besar.

Sampai detik ini laporan definitif pertama hubungan produksi sperma dan kemampuan vokal serta menunjuk lolongan mungkin memiliki peran yang mirip dengan perlombaan tanduk untuk memenangkan akses kawin.

"Semakin besar organ vokal yang mereka miliki, semakin kecil testis mereka dan semakin sedikit sperma yang dihasilkan," kata Jacob Dunn, antropolog University of Cambridge.

Siapa pun yang berkunjung ke Tikal National Park di Guatemala menonton monyet howler setara anjing kecil tetapi gemuruh akustik sekeras harimau, salah satu hewan dengan suara paling keras di planet Bumi.



Tren menunjuk tender 2 jalur evolusi. Monyet dengan sumber daya terbatas harus memilih apakah berinvestasi energi untuk suara menderu atau untuk membuat sperma.

Sementara satu teori bahwa mengaum kuat berarti suara lebih terdengar di hutan lebat, teori lain suara untuk menangkis laki-laki lain sehingga mengurangi pesaing dan tidak perlu kompetisi sperma.

Penelitian sebelumnya telah menampilkan hewan cenderung memiliki testis lebih besar ketika wanita suka kawin dengan banyak pejantan, tapi ukuran tidak selalu keseluruhan cerita.

"Ada bukti hewan lain ketika laki-laki berinvestasi untuk tubuh besar, warna mencolok atau persenjataan seperti tanduk dan taring, tapi tidak mampu berinvestasi ke dalam sifat-sifat reproduksi," kata Dunn.

Dunn berteori suara menderu begitu mahal dan tidak cukup energi tersisa untuk berinvestasi dalam testis. Di sisi lain, menderu keras membuat laki-laki lebih besar memikat asmara perempuan.

"Dalam hal evolusi, semua laki-laki berusaha memiliki anak sebanyak mungkin yang mereka bisa. Tapi Anda tidak bisa memiliki segalanya," kata Dunn.

Evolutionary Trade-Off between Vocal Tract and Testes Dimensions in Howler Monkeys

Jacob C. Dunn et al.

Current Biology, DOI:10.1016/j.cub.2015.09.029

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.