Skip to main content

Belut Listrik Electrophorus electricus Melipatgandakan Setrum

Penelitian ~ Belut listrik menggulung guncangan dengan keterlaluan, Electrophorus electricus mengurung langsung dengan pagar listrik atau tembakan pistol setrum.

E. electricus pada dasarnya ikan di air keruh Amazon. Tiga baterai mengirim voli tegangan tinggi melalui air menuju item mangsa. Guncangan bukan untuk membunuh, tapi demobilisasi agar mudah mengkonsumsi korban.

Tubuh panjang dan tipis adalah magnet dengan 2 tiang listrik. Ketika mengirimkan pulsa, sebagian biaya berasal dari kutub positif di kepala dan ekor berfungsi sebagai kutub negatif.

Ilmuwan memancing kejutan belut listrik malah terkejut sendiri atas sengatan 600 volt atau 5 kali tegangan yang ditemukan dalam stopkontak standar industri di Amerika Serikat.

"Anda tidak akan secara sukarela melakukannya lagi," kata Kenneth Catania, biolog Vanderbilt University di Nashville, Tennessee.

Ekor bergerak menggulung menuju kepala membentuk magnet tapal kuda, belut listrik melipatgandakan kekuatan pulsa listrik yang dikirim ke dalam air cukup untuk menjatuhkan rusa.

Catania mengukur output energi kecurangan belut melingkar dengan umpan Ikan dilengkapi elektroda yang dapat mengukur tegangan yang dihasilkan oleh belut.

Credit: Kenneth C. Catania

"Ketika belut mengikal kutub positif dan negatif bersama-sama dan mangsa digiring di antaranya, Anda mendapatkan fokus medan listrik," kata Catania.

Langkah sederhana membuat serangan lebih mengejutkan. Otot berkembang menjadi baterai independen yang bekerja berlipat-lipat sebagai organ dengan saklar on/off.

Guncangan adalah remote control yang membajak saraf yang mengendalikan otot mangsa seperti hacker mencuri setting password, sementara mangsa amobil tidak bisa lepas ke arah rahang sampai tertelan seluruhnya.

"Ada banyak hal gila di TV, tapi saya belum pernah menemukan reputasi predator paling canggih di planet ini," kata Catania.

"Banyak ular menangani mangsa dengan menonaktifkan otot secara kimia. Belut listrik menonaktifkan otot dengan listrik begitu gila," kata Catania.



Electric Eels Concentrate Their Electric Field to Induce Involuntary Fatigue in Struggling Prey

Kenneth C. Catania

Current Biology, October 28, 2015, DOI:10.1016/j.cub.2015.09.036

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.