Skip to main content

Mengapa Galaksi Tua Lebih Terang dari Bima Sakti?

Penelitian ~ Ketika alam semesta seperlima dari umunya, galaksi memompa keluar bintang seperti orang gila setara 100 kali Matahari per tahun pada tingkat Bima Sakti hari ini.

Masa lalu kosmik membingungkan para ilmuwan. Tidak ada yang lebih benar dalam perdebatan yang masih berlangsung atas asal-usul submillimeter galaxies (SMGs).

Galaksi submillimeter adalah galaksi paling terang yang pernah diamati di alam semesta. SMGs pertama kali muncul dalam adegan kosmik 3 miliar tahun pasca Big Bang. Sangat hiperaktif.

Perbandingan dulu dan kini membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun. Banyak yang berpikir SMGs terbentuk dari merger galaksi raksasa, tetapi laporan baru memberi banyak masalah untuk hipotesis ini.

Para ilmuwan menyingkirkan teori tabrakan galaksi tiba-tiba yang memicu ledakan dan lebih menempatkan teori akumulasi lambat stabil gas lebih dari 1 miliar tahun ke panggung penjelasan SMGs

"Gambar kanonik adalah merger utama antar galaksi yang menyebabkan peristiwa sangat terang cerah dan berumur pendek," kata Desika Narayanan, astrofisikawan Haverford College di Pennsylvania.

Galaksi terang di alam semesta kini yaitu cahaya ultra-inframerah secara eksklusif dibentuk melalui merger galaksi, memicu ledakan tiba-tiba pembentukan bintang bermassa ratus kali Matahari per tahun.


"Masalahnya bahwa kelas tertentu starbursts terang di alam semesta memiliki submillimeter terlalu banyak mengingat jumlah merger yang menurut kami ada di alam semesta awal," kata Narayanan.

"Ada juga masalah lain dengan model merger seperti ukuran galaksi. Mereka terlalu besar, terlalu terang dan terlalu jauh. Merger cenderung membuat sumber terang terlalu kompak," kata Narayanan.

Para astronom sering mendeskripsi galaksi di awal alam semesta melalui teleskop yang tampak seperti bangkai kapal daripada spiral dan elips yang umumnya terlihat di alam semesta lokal hari ini.

Narayanan dan rekan menunjukkan ledakan starbursts dalam SMGs dapat dihasilkan oleh umpan balik bintang, istilah yang mencakup semua energi emisi bintang melalui angin dan supernova.

Umpan balik ini berinteraksi dengan sejumlah besar debu antar bintang yang muncul dalam bentuk SMGs dengan mempertahankan jangka waktu pembentukan bintang liar aktif.
The formation of submillimetre-bright galaxies from gas infall over a billion years

Desika Narayanan et al.

Nature, 23 September 2015, DOI:10.1038/nature15383

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.