Skip to main content

Ugrunaaluk kuukpikensis, Dinosaurus Paruh Bebek Alaska

Credit: James Havens
Penelitian ~ Dino duck-billed tinggal di musim dingin bersalju. Terpencil, gelap dan salju liar di Alaska, kawanan Ugrunaaluk kuukpikensis muda berparuh bebek mengoceh di lanskap beku.

Unit batuan setebal 0,9 meter yang mengendap 69 juta tahun lalu di pesisir banjir situs Liscomb Bonebed lapisan Prince Creek Formation membungkus ribuan fosil elegan dino paruh bebek muda atau remaja.

Tidak jelas dengan persis bagaimana herbivora hadrosaurid panjang 9,1 meter berkeliaran dalam dingin. Tapi temuan hampir 10.000 tulang individu sebagian besar remaja telah menetapkan rekor baru paling utara.

Para ilmuwan menemukan dunia yang hilang setelah membayar mahal dengan menunggu es mencair, pembersihan landasan pesawat di lahan bersemak, perjalanan perahu karet dan memanjat tebing untuk menggali tulang.

"Ketika bicara tentang dinosaurus, kita berpikir surga tropis. Temuan dinosaurus jauh di utara menantang segala sesuatu tentang fisiologi dinosaurus," kata Greg Erickson, paleobiolog Florida State University.

Credit: Greg Erickson

Geolog perminyakan pertama kali menemukan tumpukan fosil-fosil di Alaska pada tahun 1980 dan tim di University of Alaska melakukan pengalian lanjutan mulai tahun 1990-an.

Meskipun Cretaceous Akhir 69 juta tahun lalu Bumi utara beriklim lebih hangat dan ditutupi pepohonan, Alaska hingga Arktik sekitar 80 lintang utara masih tempat dingin dengan suhu rata-rata 6 derajat Celsius.

Para ilmuwan telah menemukan fosil dino lain di Alaska termasuk jejak kaki herbivora duck-billed ceratopsian yang mencakup triceratops, herbivora bipedal therizinosaurus dan reptil terbang pterosaurus di Denali National Park.

Iklim dingin juga mengarsipkan temuan spektakuler lain seperti fosil burung, mamalia kecil, ikan dan setidaknya 13 spesies dinosaurus berbeda, berdasarkan pada gigi dan kerangka lainnya.

Credit: Greg Erickson

Spesies baru terkait erat Edmontosaurus yaitu jenis lain hadrosaurus yang hidup 70 juta tahun lalu di masa kini Alberta, Montana dan South Dakota. Tapi para peneliti tidak menemukan fosil Edmontosaurus di situs.
A new Arctic hadrosaurid from the Prince Creek Formation (lower Maastrichtian) of northern Alaska

Hirotsugu Mori, Patrick S. Druckenmiller, and Gregory M. Erickson

Acta Palaeontologica Polonica, 22 Sep 2015, DOI:10.4202/app.00152.2015

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.