Skip to main content

Tarian Biner Fatalistik Lubang Hitam Quasar PG 1302-102

Penelitian ~ Kedip berirama dari core galaksi, quasar yang dikenal sebagai PG 1302-102 dalam tarian biner fatalistik dengan massa total 1 miliar Matahari.

Dua lubang hitam supermasif spiral bersama-sama berantakan menuju tabrakan dahsyat di pusat Quasar PG 1302-102 sekitar 3,5 miliar tahun cahaya dalam tarian kematian pada jarak satu minggu cahaya.

Kiamat tidak datang dalam proses rapi atau sangat adil, suatu peristiwa kadang diterjemahkan dari banyak turbulensi di belakangnya, meskipun cahaya tampak berkedip, berirama teratur dan kemudian meredup.

Dua lubang hitam supermasif bertabrakan mengguncang kosmos itu sendiri ketika menari bersama-sama dengan gaya tarik gravitasi humongous masing-masing yang mengirimkan riak melalui struktur ruang-waktu.

Merger meludah energi 100 juta kali ledakan supernova sebagian besar dalam bentuk kekerasan yang menggulung dimensi-dimensi seperti gelombang gravitasi meniup bintang malang menjadi daun kering.

Para ilmuwan menambahkan berat badan sebagian besar cahaya quasar berasal dari piringan besar gas yang menyajikan lubang hitam berayun satu sama lain pada kecepatan sangat tinggi.

Cahaya disk mendatangi para peneliti sebagai efek relativistik Doppler boost seperti jeritan sirene semakin menggema dan nada semakin nyaring seiring peningkatan periodik kecerahan setiap 5 tahun.

Variasi 2 atau 3 kali lebih besar sinar ultraviolet dalam cahaya tampak ketika data arsip Hubble Space Telescope and NASA Galex space telescope menerima cahaya yang tampak sebelumnya.

"Dorongan Doppler tidak bisa dihindari. Ini berantakan dalam astronomi yang memiliki efek bersih tak terbantahkan untuk menjelaskan data," kata Zoltán Haiman, astronom Columbia University di New York.

Lubang hitam mengorbit satu sama lain pada jarak 200 miliar mil, kurang dari sepersepuluh skala tahun cahaya kosmik. Gelombang gravitasi spiral bersama-sama menuju petaka final dalam waktu 100.000 tahun.


Pada dasrnya fisikawan harus menerjemahkan teori paling sederhana sesuai dengan fakta-fakta. Tapi mereka menggaruk kepala ketika menemukan 2 lubang hitam supermasif terkunci begitu dekat.

Teori relativitas umum Albert Einstein bersabda bahwa gravitasi benda begitu padat bahkan cahaya tidak bisa melarikan diri, lubang hitam adalah maut ruang-waktu.

Setiap catatan galaksi memiliki lubang hitam supermasif dengan berat jutaan atau milyaran kali Matahari dan rutin bersendawa setelah menelan beberapa bintang dan gas.

Ketika galaksi bergabung, lubang hitam memaksa penduduk melakukan kawin paksa, mengorbit satu sama lain dan tidak ada cara yang meyakinkan untuk memisahkan lagi.

Gelombang gravitasi harus menyapu alam semesta dan mengganggu waktu sinyal dari pulsar, efek yang dapat dideteksi dalam beberapa tahun ke depan dengan berbagai program penerus detektor pulsar.

Meskipun sejauh ini relativitas umum telah lulus semua tes observasional dan eksperimental, beberapa prediksi harus dapat diuji dalam lingkungan gravitasi paling ekstrim lubang hitam.

"Sebuah teori ilmiah disebut baik setelah melalui tes. Deteksi gelombang gravitasi adalah probe langsung wilayah ini dan karenanya rahasia gravitasi," kata Daniel D'Orazio, astronom Columbia University.
Relativistic boost as the cause of periodicity in a massive black-hole binary candidate

Daniel J. D'Orazio, Zoltán Haiman & David Schiminovich

Nature, 16 September 2015, DOI:10.1038/nature15262

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …