Skip to main content

Novel Buta Ikan Tetra Meksiko Astyanax mexicanus

Credit: H. Zell
Penelitian ~ Ikan gua mengevolusi buta seiring penghematan energi, ikan Tetra Meksiko (Astyanax mexicanus) menghapus mata untuk memotong anggaran energi otak rakus.

Mata harus dibayar sangat mahal. Jika Anda memiliki anggaran sangat terbatas, investasi besar sistem visual hanya berujung pada krisis energi dan ketimpangan anggaran.

Di beberapa titik waktu, sekelompok ikan disucikan dalam gua batu kapur di timur laut Meksiko. Tidak ada jalan keluar, hidup dalam gelap permanen dan hanya kotoran kelelawar untuk makan.

Adaptasi gaya hidup baru terisolasi, memutih karena kehilangan warna-warni pigmentasi kemudian kehilangan penglihatan. Mata bertahap mengecil dan lenyap sama sekali.

Charles Darwin menjalani masa sulit membayangkan mengapa penglihatan mungkin berbahaya bagi hewan yang hidup dalam kegelapan abadi dan mata mahal semena-mena tiada guna.

Hal-hal yang terkait penurunan dramatis ukuran sistem visual meyajikan novel trogloditik bahwa ikan gua buta kehilangan mata dan sebagian besar fungsi otak menjadi teka-teki.

Pekan ini peneliti memberi seberkas cahaya hilangnya sistem visual memotong ikan porsi besar energi dan kunci kelangsungan hidup ketika nenek moyang mereka terdampar.

Ikan gua buta A. mexicanus menyesuaikan dengan lingkungan bawah tanah dengan cara lain. Kemunduran visi berarti mencurahkan porsi lebih banyak untuk bau dan rasa tekanan mekanik sehingga sensitif membaca pergerakan air.

Credit: Damian Moran et al.

Tahun lalu, Damian Moran, biolog Lund University di Swedia, dan rekan melaporkan ikan gua buta kehilangan ritme metabolisme sirkadian siang-malam selama kursus evolusi untuk menghemat 27% energi.

Pekan ini Moran menguji teori lain yang memerintahkan pengurangan penglihatan karena menumbuhkan, merawat mata dan mempertahankan jaringan otak membutuhkan energi jumlah besar.

Secara keseluruhan otak menyumbang 23% untuk penglihatan ikan yang menghuni permukaan dibandingkan 10% ikan buta. Dengan demikian ikan tanpa mata menurunkan total energi visual otak hingga 30%.

"Sistem visual membutuhkan 5% hingga 15% dari total anggaran energi. Ini biaya sangat tinggi!" kata Moran.

Satu pasang paku di peti mati berbagai jenis tekanan evolusi mendorong ukuran otak. Nenek moyang ikan gua menyusutkan otak secara dramatis untuk menghemat energi dan menjamin kelangsungan hidup dalam kelaparan.
The energetic cost of vision and the evolution of eyeless Mexican cavefish

Damian Moran, Rowan Softley and Eric J. Warrant

Science Advances, 11 Sep 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500363

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.