Skip to main content

Letusan Vulkanik Siberia Azab Kepunahan Massal Permian

Penelitian ~ Aktivitas gunung berapi menghukum kepunahan massal Permian, waktu yang tepat menegaskan penyebab kematian planet terbesar.

Bencana terbesar catatan sejarah kehidupan di Bumi dari salah satu curahan vulkanik. Penutupan periode Permian 252 juta tahun lalu lebih dari 90 persen semua spesies laut dan 75 persen semua spesies darat lenyap.

Para peneliti memecahkan misteri menggunakan dating radioaktif untuk menentukan usia ratusan kristal pengikut uranium di batuan vulkanik kuno dari situs yang tersebar 2,5 juta kilometer persegi dari pusat Rusia.

Vulkanisme meludahkan jumlah besar karbon dioksida dan volatil lainnya ke udara yang menyebabkan perubahan iklim ekstrim dan pengasaman dramatik lautan secara sistematis, masif dan terstruktur.

Temuan membereskan kecurigaan lama para paleontolog. Analisis presisi tinggi lava kuno menunjuk kepunahan berawal dari letusan gunung berapi besar di tempat yang sekarang Siberia.

Gas vulkanik menarik pelatuk pistol peristiwa. Letusan Siberian Traps memuntahkan 3 juta kilometer kubik batu cair yang cukup berantakan untuk mengubur Nusantara setinggi Menara Eiffel.

Laporan baru menyelesaikan dengan ketepatan dating letusan gunung berapi dan kepunahan itu sendiri yang dikumpulkan dari batu sisa rantai pulau kuno. Lapisan mengawetkan fosil Permian beserta abu di dekatnya.

Kristal zircon yang secara alami terbentuk dengan sejumlah kecil uranium yang secara bertahap meluruh menjadi timbal. Perbandingan relatif uranium dan atom timah dalam zircon menyediakan dating tepat kepunahan tersebut.

Setelah susah payah menjelajahi sisa-sisa aliran lava Siberia kuno, para peneliti mematok dating vulkanisme Siberia tepat sekitar 300 ribu tahun sebelum kepunahan Permian dan neraka berlangsung setidaknya 500 ribu tahun.

"Kami sekarang dapat mengatakan magmatik mengawetkan acara dalam sejarah Bumi mendahului datangnya kepunahan massal," kata kata Seth Burgess, geokronolog U.S. Geological Survey di Menlo Park, Calif.
High-precision geochronology confirms voluminous magmatism before, during, and after Earth’s most severe extinction

Seth D. Burgess and Samuel A. Bowring

Science Advances, 28 Aug 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500470

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.