Skip to main content

Varian Genetik IRX3 dan IRX5 Penyebab Obesitas

Penelitian ~ Sebuah gen penyebab obesitas bekerja secara tidak langsung, varian genetik menentukan apakah kalori dibakar atau disimpan sebagai lemak.

Para peneliti menemukan saklar genetik yang memerintahkan seseorang membakar kalori ekstra atau menyimpannya sebagai timbunan lemak bahwa orang-orang dengan berat badan lebih memiliki gen penimbun lemak.

Sebuah tim bermain-main dengan mengedit genetik untuk memicu pembakaran lemak menjadi energi dan dengan demikian menurunkan predisposisi warga dengan obesitas yang semakin hari tak terkendali.

Tidak semua lemak sama, manusia membawa beberapa jenis berbeda. Lemak putih tercipta untuk disimpan, sedangkan lemak coklat tercipta untuk dibakar yang menghasilkan panas.

Para peneliti menyadari solusi elegan mengatasi obesitas dengan mengubah lemak putih menjadi coklat, tapi tidak mudah. Sekarang sebuah tim menunjukkan cara lebih mudah dengan sedikit cubitan genetik.

Saklar genetik FTO yang ditemukan pada tahun 2007 adalah satu-satunya gen definitif terkait obesitas. Laporan sebelumnya menunjuk bahwa FTO bekerja di level otak dan driver nafsu makan.

Pekan ini Manolis Kellis, biolog komputer Massachusetts Institute of Technology, dan rekan menemukan FTO mengaktifkan 2 gen lainnya yaitu IRX3 dan IRX5 yang memerintahkan sel menyimpan energi.

"Ada dogma bahwa semua tergantung selera dan olahraga, bahwa berat badan adalah pilihan dan ditentukan otak. Kami melihat sel-sel lemak berperan kuat atas semua ini dan independen dari hipotalamus," kata Kellis.

Ketika tim menonaktifkan gen IRX pada tikus yang diberi diet tinggi lemak, mereka menolak penimbunan. Sedangkan tikus dengan gen IRX aktif menambah berat badan 15 persen.

Pada orang-orang dengan berat badan normal kedua gen mati sehingga sel-sel membakar lemak menjadi energi. Kellis mampu mengedit gen untuk menyesuaikan fungsi produksi lemak putih atau coklat.

Setelah gen IRX3 dan IRX5 tidak aktif, sel-sel lemak terbakar menjadi energi sepanjang waktu terlepas dari berapa banyak porsi makan tikus, tidur dan berolahraga.

Terapi gen yang mengubah sel-sel lemak sehingga terbakar dan bukannya menyimpan energi dimungkinkan menggunakan pil yang mematikan atau membalikkan aktivitas gen IRX.

Sekitar 40 persen orang Eropa dan 42 persen orang Asia Tenggara membawa varian genetik risiko obesitas, sedangkan Afrika hanya 5 persen. Tapi setiap manusia di planet Bumi memiliki sirkuit genetik.

"Ini rahasia dibalik obesitas dan kita akan melakukan segalanya," kata Kellis.
FTO Obesity Variant Circuitry and Adipocyte Browning in Humans

Melina Claussnitzer et al.

New England Journal of Medicine, August 19, 2015, DOI:10.1056/NEJMoa1502214

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.