Skip to main content

Kelingking Tertua Menunjuk Leluhur Homo sapiens

Credit: Jason Heaton
Penelitian ~ Tulang tangan mirip manusia tertua di Tanzania Olduvai Gorge, fosil dating 1,84 juta tahun yang menyerupai kelingking sejati orang-orang saat ini.

Tulang milik seseorang menunjuk waktu garis leluhur manusia turun dari cabang evolusioner pertama kalinya. Setelah itu tangan manusia modern pandai membuat alat tapi buruk memanjat pohon.

Fragmen kelingking kiri hominid hampir 2 juta tahun lalu lebih sesuai tulang manusia modern daripada fosil jari hominid Olduvai lain yang ditemukan sebelumnya.

Seluruh tangan hominid purba mungkin tampak mirip manusia yang menambah pijakan para ilmuwan bahwa hominid Olduvai mampu mencengkeram presisi dan membuat alat-alat batu.

Bahkan kemiripan dengan manusia daripada wakil tangan Homo habilis dan Paranthropus boisei atau Nutcracker Man, meskipun satu fosil untuk menentukan spesies hominid baru adalah klaim kontroversial.

Kelingking tertua mendorong kembali asal-usul ketangkasan berhitung Homo sapiens sekitar 400.000 tahun. Bergelantungan di cabang pohon membungkukkan tulang yang membentang dari buku jari, sedangkan manusia modern tegak.

"Tulang ini milik seseorang yang tidak menghabiskan waktu di pohon sama sekali," kata Manuel Dominguez-Rodrigo, antropolog Institute of Evolution in Africa di Madrid.

Jika tulang sebanding dengan tubuh modern seperti manusia, orang yang bersangkutan berdiri setinggi sekitar 5 kaki 9 inci dibandingkan H. habilis yang berdiri sekitar 3 kaki.

Credit: Manuel Domínguez-Rodrigo

"Dengan melihat barisan proksimal tunggal, kita dapat memahami morfologi jari dan tangan keseluruhan," kata Domínguez-Rodrigo.

Para peneliti menduga Homo erectus yang menjelaskan evolusi tangan tampak seperti itu. Satu bukti yang baik mendukung hipotesis bahwa sekitar 2 juta tahun lalu leluhur manusia sudah kehilangan anatomi memanjat.

Istilah tangan modern berarti tangan menunjukkan adaptasi morfologi untuk manipulasi tepat dalam berbagai grip dan tidak memiliki adaptasi apapun hidup arboreal.

"Untuk evolusi manusia, temuan baru menunjukkan hominin tertua menyesuaikan diri dengan hidup benar-benar terestrial. Ini berarti lebih sering menggunakan alat," kata Dominguez-Rodrigo.

Primata pemanjat pohon mengoptimalkan hidup arboreal dengan jempol pendek dan empat jari lain panjang melengkung yang sangat baik menangkap cabang. Di antara primata modern keseluruhan jari baru hanya dimiliki H. sapiens.
Earliest modern human-like hand bone from a new >1.84-million-year-old site at Olduvai in Tanzania

Manuel Domínguez-Rodrigo1,2 et al.
  1. IDEA (Instituto de Evolución en África), Museo de los Orígenes, Plaza de San Andrés 2, 28005 Madrid, Spain
  2. Department of Prehistory, Complutense University, Prof. Aranguren s/n, 28040 Madrid, Spain
Nature Communications, 18 August 2015, DOI:10.1038/ncomms8987

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.