Skip to main content

Bahasa Diproses Menggunakan Belahan Otak Kiri dan Kanan

Credit: Onur Güntürkün
Penelitian ~ Siulan kuno menggunakan seluruh otak untuk telepon jarak jauh. Bahasa peluit tidak hanya menggunakan belahan otak kiri, tapi juga menggosok otak kanan.

Orang Turkey adalah pengirim tweets pertama. Hari ini bahasa bersiul masih digunakan 10.000 orang di pegunungan utara-timur Turki dan dapat menyampaikan pesan sejauh 5 kilometer.

Bahasa bersiul kuno yang terdengar sedikit seperti kicau burung di antara perbukitan menggunakan kedua sisi otak yang menantang teori bahwa sisi kiri adalah mode penting semua komunikasi.

Sebuah laporan baru menggarisbawahi pentingnya otak kiri dalam memahami bahasa tidak dapat dipisahkan dari sisa otak lainnya seperti yang selama ini diteorikan.

Para ilmuwan menunjukkan bahasa juga melibatkan belahan otak kanan yang penting untuk memahami musik. Melodi dan frekuensi bersiul orang Turki memerlukan kedua sisi otak untuk berkomunikasi.

Credit: Onur Güntürkün

Otak kiri sedikit lebih tergantung pada suara yang diterima oleh telinga kanan dan sebaliknya. Suku kata yang dimainkan kedua telinga kanan atau kiri menyatakan seberapa sering setiap sisi otak dominan.

"Dalam semua bahasa, tonal atau tanpa nada, klik atau bahasa isyarat, tertulis atau lisan sejauh ini otak kiri. Sekarang kami menunjukkan kontribusi sama kedua belahan," kata Onur Güntürkün, biopsikolog Ruhr University Bochum di Jerman.

Paradigma baru yang luar biasa dan orisinal untuk memperkuat argumen bahwa kedua belahan otak yang terlibat dalam pengolahan komponen berbeda dari sebuah pidato.

Laporan ini mendukung studi tahun 2005 yang menggunakan scan fMRI untuk menunjukkan bahwa gembala di Kepulauan Canary menggunakan kedua belahan otak untuk menafsirkan bentuk siul di Spanyol.




Whistled Turkish alters language asymmetries

Onur Güntürkün1 et al.
  1. Biopsychology, Institute of Cognitive Neuroscience, Faculty of Psychology, Ruhr-University Bochum, 44780 Bochum, Germany
Current Biology, 17 August 2015, DOI:10.1016/j.cub.2015.06.067

Comments

  1. Mantap kang artikelnya tentang otak kanan. Sangat menambah informasi lagi buat saya ini. Informasi tentang otak kanan saya jadi bertambah. hehehe. Tapi Kang saya ingin tanya bagaimana cara untuk melatih otak kanan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.