Skip to main content

Display Aurora di Sekitar Bintang Kerdil Coklat

Credit: Chuck Carter and Gregg Hallinan/Caltech
Penelitian ~ Bintang jauh memiliki kerlip lampu powerfull seperti display kutub planet. Kemuliaan aurora terdeteksi untuk pertama kalinya di sekitar objek non planet dan bulan.

Aurora berkilauan umum di kutub planet dan bulan. Sekarang astronom melihat aurora menari di atas bintang samar LSR J1835 + 3259 di konstelasi Lyra sejuah 18 tahun cahaya dari Bumi.

Pulsa cahaya dan gelombang radio sinkron dengan rotasi. Lampu berkedip-kedip mungkin aliran elektron menyolok atmosfer bintang dan memantulkan pertunjukan cahaya minimal 1 juta kali kekuatan aurora Bumi.

Aurora muncul ketika medan magnet Bumi memaksa elektron dan proton dari Matahari mengambil jalur memutar dan menyisir atmosfer. Tapi mesin penggerak aurora di LSR J1835 + 3259 teka-teki.

Katai coklat adalah bintang gagal yang relatif dingin, benda-benda redup yang sulit dilacak dan klasifikasikan. Mereka terlalu besar menjadi planet, tapi masih mempertahankan reaksi fusi hidrogen dalam core.

Credit: Chuck Carter and Gregg Hallinan/Caltech

"Kerdil coklat menempati kontinum antara bintang dan planet. Kita tahu mereka memiliki atmosfer berawan. Sekarang kita tahu katai coklat tuan rumah aurora juga," kata Stuart Littlefair, astronom University of Sheffield.

Littlefair dan rekan melepas pedal kopling Very Large Array di National Radio Astronomy Observatory. Objek berputar setiap 2,84 jam. Tim bisa menonton hampir 3 putaran penuh selama 1 malam.

Berikutnya tim menggunakan Hale Telescope Palomar untuk mengamati variasi optik pada periode yang sama dengan pulsa radio. Satu garis spektrum terkait emisi hidrogen bahwa foton bervariasi secara berkala.

Langkah final menggunakan WM Keck Observatory untuk mengukur presisi tanda tangan cahaya optik dari waktu ke waktu. Ada kemuliaan mengingat benda-benda ribuan kali lebih redup dari Matahari.
Magnetospherically driven optical and radio aurorae at the end of the stellar main sequence

G. Hallinan1 et al.
  1. California Institute of Technology, 1200 East California Boulevard, Pasadena, California 91125, USA
Nature, 30 July 2015, DOI:10.1038/nature14619

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.