Skip to main content

Gigi Berhias Gerigi Theropoda Tyrannosaurus rex

Credit: Danielle Dufault
Penelitian ~ Gigi bergerigi seperti pisau steak kunci sukses regim theropoda karnivora, Tyrannosaurus rex merobek makan malam hanya dalam sekali cabikan.

Tyrannosaurus rex menyimpan kompleksitas senjata tersembunyi. Tak diragukan lagi membantu theropoda sukses duduk di bagian paling atas pemerintahan 165 juta tahun lalu.

T. rex mengunyah daging apapun bahwa dinosaurus megah memiliki gerigi gigi seperti pisau jagal. Satu-satunya reptil terestrial hidup ini dengan mulut membanggakan hanya komodo (Varanus komodoensis).

Gigi T. rex berdiri dalam kelas mereka sendiri, sementara banyak dinosaurus lain memiliki gigi yang tampak sama dalam di rahang, tapi para peneliti menemukan mereka sangat spesial.

Deretan mata gergaji terbentuk oleh struktur jaringan sangat kompleks dan T. rex adalah theropoda yang memiliki cara lebih baik menempatkan bit-bit dalam sistem rapi sebagai predator dominan.

"Semua gigi hewan terbuat dari blok bangunan sama, tetapi bagaimana membentuk struktur dipengaruhi bagaimana hewan memproses makanan," kata Kirstin Brink, biolog University of Toronto Mississauga.

Credit: K.S. Brink et al.

"Kompleksitas struktur gigi theropoda menunjukkan mereka lebih efisien menangani mangsa dan berkontribusi terhadap keberhasilan sebagai top predator," kata Brink.

Paleontolog menyelidiki fitur retak kecil di bagian bawah gigi. Anda bisa menemukan ketika gigi dipotong terbuka yang terbentuk ketika dinosaurus mengunyah tulang keras.

Tapi laporan baru menunjuk struktur di bagian bawah bergerigi terbetuk di sana dari awal ketika mereka remaja bahwa gigi theropoda berhias retakan dengan tujuan.

Para peneliti menggunakan mikroskop scanning elektron dan sinkrotron untuk pemeriksaan menyeluruh dan analisis irisan gigi dari 8 theropoda pemakan daging termasuk T. rex, Allosaurus, Coelophysis dan Gorgosaurus.
Developmental and evolutionary novelty in the serrated teeth of theropod dinosaurs

K. S. Brink1,2 et al.
  1. Department of Biology, University of Toronto Mississauga, 3359 Mississauga Rd., Mississauga, Ontario, L5L 1C6, Canada
  2. Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Toronto, 25 Willcocks St. Toronto, Ontario, M5S 3B2, Canada
Scientific Reports, 28 July 2015, DOI:10.1038/srep12338

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.