Skip to main content

Ayam Jantan Pangkat Tertinggi Hak Berkokok Pertama

Penelitian ~ Gallus gallus domesticus jantan berkokok berdasarkan urutan senioritas. Ayam top alpha mengumumkan fajar sementara junior sabar menunggu giliran.

Ayam yang paling dominan dalam kelompok selalu yang pertama mengumumkan Matahari. Ayam jantan hidup ketat dalam hirarki linear di mana pangkat tertinggi mengumumkan subuh pertama.

Selama ribuan tahun semua manusia akrab dengan panggilan pertama pra-fajar ayam jantan segera setelah itu diikuti oleh ayam yang lain dalam jarak pendengaran.

"Ayam peringkat teratas selalu mulai berkokok pertama, diikuti oleh bawahan dalam urutan peringkat sosial," kata Takashi Yoshimura, zoolog Nagoya University.

"Ketika ayam peringkat teratas secara fisik tidak hadir di dalam kelompok, ayam peringkat kedua memprakarsai berkokok," kata Yoshimura.

Burung adalah hewan sangat sosial dan hirarki, ketika bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya dengan cepat diselesaikan secara jantan berdasarkan urutan kekuasaan dengan perkelahian.

Ayam dominan kemudian menikmati akses istimewa untuk makanan, kawin dan tempat bersarang. Berkokok menjadi sarana mengiklankan wilayah dan membatasi risiko yang berpotensi agresif.

"Di sini kami menunjukkan ayam peringkat atas juga memiliki prioritas menentukan waktu berkokok menjelang fajar dan bawahan taat," kata Shimmura.

Shimmura dan rekan menempatkan ayam jantan dalam kelompok dalam membangun hirarki dari jumlah kemenangan dan kekalahan sparing, kemudian dipisah ke dalam kandang individu untuk mengamati perilaku berkokok.

Laporan sebelumnya menunjukkan waktu berkokok dikendalikan oleh jam biologis atau sirkadian jam internal dimana ayam berpangkat rendah juga memiliki.

Waktu mulai berkokok oleh ayam berpangkat tertinggi bervariasi dari hari ke hari, tetapi kokok ayam jantan peringkat bawah selalu dimulai tepat setelah kokok ayam peringkat tertinggi.

"Ayam jantan bawahan menekan ritme alami mereka sendiri dan cukup sabar menunggu ayam peringkat tertinggi pertama berkokok setiap pagi," kata Yoshimura.

"Ayam jantan bawahan berkompromi dengan jam sirkadian mereka sendiri untuk alasan sosial," kata Yoshimura.
The highest-ranking rooster has priority to announce the break of dawn

Tsuyoshi Shimmura1,2 et al.
  1. Laboratory of Animal Physiology and Division of Seasonal Biology, National Institute for Basic Biology, Okazaki, Aichi 444-8585
  2. Department of Basic Biology, SOKENDAI (The Graduate University for Advanced Studies), Miura, Kanagawa 240-0193, Japan
Scientific Reports, Jurnal, Tanggal, DOI:10.1038/srep11683

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.