Skip to main content

Rekayasa Genetika Varietas Padi Rendah Metana

Penelitian ~ Rekayasa genetika melahirkan varietas padi SUSIBA2 rendah metana. Sumber makanan baru bagi mulut sadar pemanasan iklim dalam mengurangi emisi rumah kaca.

Metana menyumbang 20% gas rumah kaca dan pertanian padi bertanggung jawab 17% dari itu. Gula yang dihasilkan selama fotosintesis tumpah ke tanah melalui akar membiakkan mikroorganisme tanah produsen metana.

Chuanxin Sun, biolog Swedish University di Uppsala, dan rekan merekayasa padi yang mampu menyimpan gula dalam butir dan batang. Beras tumbuh baik dan mencegah emisi metana tumpah ke bidang sawah.

Strain baru hanya berbeda 1 gen yaitu injeksi gen dari gandum. Gen membuat padi menghasilkan lebih sedikit metana dan menghasilkan 43 persen lebih banyak gabah per tanaman.

"Tiga tahun uji coba lapangan bekerja sangat baik," kata Sun.

Konsumsi beras tahunan global 150 pound per orang. Produksi padi harus terus digenjot untuk mengisi perut penduduk dunia yang terus bertambah dan berarti emisi metana terus meningkat.

Dengan sedikit karbon maka mikroba pembuat metana berkurang, meskipun belum diketahui bagaimana modifikasi genetik ini mempengaruhi kompleks komunitas mikroba tanah.

Sun mengatakan langkah berikutnya adalah aplikasi pemuliaan tradisional untuk mengeliminasi sudut pandang konsumen mengingat masih banyak orang negatif terhadap produk genetically modified organism (GMO).

"Sekarang tentu saja masalah GMO dan tidak bisa memberikan langsung kepada petani. Kita harus menggunakan metode pemuliaan tradisional agar bisa dipahami petani," kata Su.

"Agar berkembang dengan baik dan diterima berbagai masyarakat paling tidak membutuhkan tambahan waktu 5 sampai 10 tahun lagi," kata Su.
Expression of barley SUSIBA2 transcription factor yields high-starch low-methane rice

J. Su1,2 et al.
  1. Institute of Biotechnology, Fujian Academy of Agricultural Sciences, Fuzhou 350003, China
  2. Department of Plant Biology, Uppsala BioCenter, Linnean Center for Plant Biology, Swedish University of Agricultural Sciences, PO Box 7080, SE-75007 Uppsala, Sweden
Nature, 22 July 2015, DOI:10.1038/nature14673

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.