Skip to main content

Pesona Pentaquark Menampakkan Diri di LHCb

Credit: CERN
Penelitian ~ Partikel pentaquark menunjukkan diri di CERN, Large Hadron Collider mengkonfirmasi pesona subatomik eksotis setelah sebelumya dianggap penampakan palsu.

Partikel eksotis terdiri dari 5 quark ditemukan satu dekade setelah eksperimen sebelumnya meragukan. Para peneliti menganalisis data peluruhan partikel tidak stabil dalam eksperimen LHC beauty di CERN.

Era baru pemahaman fisikawan atas gaya nuklir kuat yang memegang inti atom bersama-sama. Agregat quark yaitu konstituen dasar proton dan neutron biasa dalam pola yang belum pernah diamati sebelumnya.

Revolusi pemahaman struktur materi tahun 1964 ketika Murray Gell-Mann mengusulkan partikel baryon terdiri dari 3 bermuatan fraksional disebut quark dan kategori lain meson dari pasang quark-antiquark.

Model quark memungkinkan eksistensi quark komposit lainnya seperti pentaquark untuk 4 quark dan antiquark. Sebelum ini bagaimanapun tidak ada bukti konklusif penampakan.

"Pentaquark bukan sembarang partikel baru dalam pola yang diamati lebih dari 50 tahun eksperimental," kata Guy Wilkinson, juru bicara LHCb dalam pernyataan.

"Sifat-sifatnya memungkinkan kita memahami lebih baik bagaimana proton dan neutron terbentuk," kata Wilkinson.

Fisikawan LHCb mencari siluet peluruhan baryon sebagai Λb (Lambda b) menjadi 3 partikel lain J/ψp (J-psi), proton dan kaon. Spektrum massa J/ψ dan proton mengungkap teritori menengah yang kadang terlibat dalam produksi.
Observation of J/ψp resonances consistent with pentaquark states in Λ0b→J/ψK−p decays

LHCb collaboration

arXiv, Submitted on 13 Jul 2015, arXiv:1507.03414

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.