Skip to main content

Strategi Mutualisme Kantong Semar dan Kelelawar

Credit: Michael G. Schöner et al/C.C. Lee/M.D. Tuttle
Penelitian ~ Tanaman pitcher karnivora memasang reflektor untuk mengiklankan diri kepada kelelawar. Kantong Semar Nepenthes hemsleyana menarik mutualistik Kelelawar Wol Kerivoula hardwickii.

Di Kalimantan tanaman pitcher karnivora menjalin hubungan baik dengan beberapa kelelawar pemakan serangga bahwa tanaman membangun trik untuk saling berkirim sinyal akustik.

Kantong Semar Nepenthes hemsleyana menawarkan rekan kelelawar penginapan sejuk untuk bertengger bebas dari parasit dan predator. Imbalannya, Kelelawar Wol Kerivoula hardwickii memberi nutrisi dengan suplai kotoran.

Para peneliti menunjukkan tanaman bergantung pada struktur khusus untuk memantulkan panggilan ultrasonik kelelawar. Adaptasi tanaman membuat lebih mudah bagi kelelawar sebagai mitra di hutan berantakan.

"Struktur akustik ini memancar keluar lingkungan sehingga kelelawar mudah menemukan," kata Michael Schöner, zoolog Ernst-Moritz-Arndt-University of Greifswald di Jerman.

"Selain itu, kelelawar jelas bisa membedakan mitra terbaik mereka dari tanaman lain yang memiliki kemiripan fitur tetapi tidak memiliki reflektor mencolok," kata Schöner.

Semua berawal ketika Ulmar Grafe, biolog Universiti Brunei Darussalam, menemukan kelelawar bersarang di dalam tanaman berkantong. Tanaman menawarkan kelelawar tempat bertengger dengan imbalan nitrogen.

N. hemsleyana agak buruk menarik serangga dibandingkan kerabat mereka seperti Nepenthes rafflesiana. Sebuah hipotesis rapi bahwa N. hemsleyana entah bagaimana menginklankan diri kepada kelelawar.

Beberapa tanaman memiliki kelopak berbentuk piring atau daun yang memantulkan gema kuat. Reflektor memungkinkan tanaman keluar dari lingkungan sehingga kelelawar mudah menemukan.

"Tanaman karnivora pada umumnya menyelesaikan masalah kekurangan gizi dalam cara sangat tidak biasa dengan membalik sistem normal," kata Schöner.

"Lebih mencengangkan kasus N. hemsleyana menunjuk strategi menarik kelelawar yang menyediakan nutrisi sehingga tanaman tidak repot mencerna makanan," kata Schöner.



Bats Are Acoustically Attracted to Mutualistic Carnivorous Plants

Michael G. Schöner1 et al.
  1. Zoological Institute and Museum, Ernst-Moritz-Arndt-Universität Greifswald, Johann-Sebastian-Bach-Straße 11-12, 17489 Greifswald, Germany
Current Biology, July 09, 2015, DOI:10.1016/j.cub.2015.05.054

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.