Skip to main content

Lubang Hitam Supermasif Memompa Galaksi CID-947

Credit: Michael S. Helfenbein
Penelitian ~ Lubang hitam supermasif mengintai di galaksi ringan, setan raksasa jalang tumbuh sangat pesat tetapi tidak menekan kelahiran bintang dalam cara yang biasa.

Sebuah lubang hitam 7 miliar kali massa Matahari bersembunyi dalam galaksi yang relatif ringan. Galaksi CID-947 medium mengandung raksasa gelap seperdelapan massa semua bintang.

Galaksi ringan di konstelasi Sextans membutuhkan waktu 11,8 miliar tahun bagi cahaya untuk mencapai Bumi menaggung lubang hitam yang seharusnya menarik semua massa hanya 2 miliar tahun setelah Big Bang.

Sebuah hipotesis lubang hitam supermasif dan galaksi berevolusi sebaris. Untuk CID-947 dan galaksi serupa akhirnya menjadi cukup besar, lubang hitam di pusat datang pertama dan galaksi perlahan-lahan terbentuk di sekitarnya.

Benny Trakhtenbrot, astrofisikawan ETH Zurich di Swiss, dan rekan membongkar lubang hitam dengan mengukur seberapa cepat gravitasi mengaduk gas di sekitar pusat CID-947.

Kebanyakan galaksi termasuk Bima Sakti memiliki lubang hitam di pusat memegang jutaan hingga miliaran kali massa Matahari bahwa pertumbuhan lubang hitam membatasi penciptaan bintang.

CID-947 bergolak mencetak 400 bintang baru per tahun. Beberapa teori menunjuk lubang hitam tumbuh pesat mengeluarkan ledakan energi yang menekan pembentukan bintang di seluruh galaksi.

Laporan Trakhtenbrot dan kolega bertentangan dengan sebagian besar pengamatan tentang lubang hitam dengan gravitasi luar biasa adalah neraka yang menelan apa pun bahkan cahaya.

"Pengukuran sesuai massa galaksi yang khas. Oleh karena itu kami memiliki lubang hitam raksasa di dalam galaksi dengan ukuran normal," kata Trakhtenbrot

Bintang terus terbentuk dan galaksi terus tumbuh. CID-947 menjadi pelopor paling ekstrim seperti galaksi NGC 1277 di konstelasi Perseus 220 juta tahun cahaya dari Bima Sakti.
An over-massive black hole in a typical star-forming galaxy, 2 billion years after the Big Bang

Benny Trakhtenbrot1 et al.
  1. Department of Physics, Institute for Astronomy, ETH Zurich, Wolfgang-Pauli-Strasse 27, Zurich 8093, Switzerland.
Science, 10 July 2015, DOI:10.1126/science.aaa4506

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.