Skip to main content

Kawin Campur Manusia Modern dan Neanderthal di Eropa

Credit: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology/Svante Pääbo
Penelitian ~ DNA tulang manusia modern dating 40.000 tahun di Eropa mengandung gen Neanderthal. Analisis genetik menyusun hibrida Homo neanderthalensis dan Homo sapiens.

Antara 35.000 dan 45.000 tahun lalu manusia modern menyebar ke seluruh Eropa. Di sekitar waktu yang sama Neanderthal menghilang dari lanskap tetapi setelah terjadi kawin campur.

Laporan baru memaku semua non-Afrika yang hidup saat ini mewarisi jejak genetik 1-3 persen genom Neanderthal. Tapi 40.000 tahun lalu genom Homo sapiens mungkin berisi 2 kali lebih banyak DNA Neanderthal.

Materi genetik dipulihkan dari tulang di Rumania membawa sekitar 6-9 persen DNA Neanderthal yang terkandung dalam 3 segmen kromosom relatif besar menunjuk datangnya warisan generasi nenek moyang.

David Reich, genetikawan Harvard Medical School, Boston, dan rekan sekuensing DNA tulang rahang yang digali tahun 2002. Sisa-sisa kerangka mempertahankan fitur morfologi mix Sapiens-Neanderthal.

Meskipun terkontaminasi DNA eksogen, tulang rahang menghasilkan DNA cukup bahwa peneliti mengekstrak dengan mengisolasi dan menganalisis materi genetik endogen.

Hal ini cukup tantangan, tetapi kontaminasi besar latar belakang besar Eropa benar-benar menyulam jarum dalam jerami. Kunci sussing adalah teknik bioinformatika canggih untuk menyaring kontaminan.

Credit: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology/Svante Pääbo
Selain menemukan segmen kromosom kawin campur baru antara manusia modern dan Neanderthal, Reich dan rekan juga menemukan bukti genom hibridisasi sebelumnya bahwa ada kemungkinan terjadi antara 2 spesies hominin lain.

Laporan sebelumnya menemukan peristiwa kawin campur lebih tua di Timur Tengah yang sekarang adalah Israel. Reich menunjukkan Neanderthal dan manusia modern juga bercampur di Eropa.

"Manusia modern bergerak melalui wilayah Neanderthal dan kawin campur dengan mereka beberapa kali dalam rentang tersebut," kata Reich.

Teknologi dan metodologi DNA terus mengungkap lebih banyak informasi untuk menyelesaikan sejarah evolusi manusia modern. Arkeolog memiliki sejumlah kerangka yang menanggung jejak morfologi dan basis DNA memvalidasi.
An early modern human from Romania with a recent Neanderthal ancestor

Qiaomei Fu1,2,3 et al.
  1. Key Laboratory of Vertebrate Evolution and Human Origins of Chinese Academy of Sciences, IVPP, CAS, Beijing 100044, China
  2. Department of Genetics, Harvard Medical School, Boston, Massachusetts 02115, USA
  3. Department of Evolutionary Genetics, Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology, Leipzig 04103, Germany
Nature, 22 June 2015, DOI:10.1038/nature14558

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.