Skip to main content

Ekologi Khatulistiwa Neraka Bagi Regim Dinosaurus

Credit: Victor Leshyk
Penelitian ~ Di utara New Mexico menyajikan misteri besar bagi paleontolog yang datang ke sana setiap musim panas untuk menggali beberapa dinosaurus tertua di Amerika Utara.

Selama lebih dari 30 juta tahun setelah dinosaurus perdana muncul tetap langka ditemukan di dekat khatulistiwa di mana hanya terdapat dinosaurus kecil pemakan daging.

Bangkitnya regim dinosaurus dan melinpah hanya di lintang rendah dan dekat kutub dengan herbivora raksasa dan berumur panjang yang sesekali muncul antara 245 juta hingga 230 juta tahun lalu. Why?

"Data kami menunjuk wilayah tropis bukan tempat menyenangkan. Iklim ekstrem membuat herbivora berdarah panas tidak dapat eksis di dekat khatulistiwa," kata Randall Irmis, kurator Natural History Museum of Utah.

Sebuah deskripsi rinci iklim dan ekologi lebih dari 200 juta tahun lalu di Ghost Ranch di utara New Mexico, sebuah situs Trias Akhir yang mencatat iklim tropis berayun ekstrim liar dengan panas hebat.

Tidak cukup tanaman pangan yang diandalkan. Kekeringan melanda lanskap selama rezim kering dan terus menghabisi vegetasi setiap kali terbentuk yang dibutuhkan hewan pemakan tumbuhan.

Kadar karbon dioksida 4 sampai 6 kali level hari ini. Kebakaran datang dan pergi dengan api mencapai suhu 680 derajat C sudah cukup untuk mencairkan kaleng aluminium.

Para ilmuwan berpikir hewan tewas dalam kebakaran dengan bangkai membusuk dan hanyut oleh hujan yang melucuti tanah, batu dan kayu tanpa meningalkan sisa.

Reptil raksasa membutuhkan pasokan konstan makanan dari tukik tumbuh menjadi besar dengan berat 4 ton selama waktu 10-20 tahun. Reptil lebih kecil yang menghuni wilayah kering tumbuh lebih lambat.
Extreme ecosystem instability suppressed tropical dinosaur dominance for 30 million years

Jessica H. Whiteside1 et al.
  1. Ocean and Earth Science, National Oceanography Centre Southampton, University of Southampton, Southampton SO14 3ZH, United Kingdom
Proceedings of the National Academy of Sciences, June 15, 2015, DOI:10.1073/pnas.1505252112

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.