Skip to main content

Kilau Supernova SN 1987A Mulai Meredup

Credit: ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)/A. Angelich/NASA/ESA
Laporan Peneltian ~ Supernova paling berharga bagi para astronom mulai memudar dari pandangan. Kenikmatan ledakan favorit SN 1987A mulai kehilangan kilau.

Pertama kali muncul pada tahun 1987 menjadi permata penghargaan kepada para astronom karena duduk cukup dekat dengan Bumi yang membolehkan menyelidiki secara rinci.

Nyala gelombang kejut ditendang keluar oleh bintang asli sebelum meledak. Sekitar 15 tahun lalu tabrakan 30 gumpalan material padat berdering di lokasi ledakan.

Tempat kejadian bersinar seperti kalung mutiara, tetapi juga menghancurkan. Claes Fransson, astronom Stockholm University di Sweden, membuka citra Hubble Space Telescope dan Very Large Telescope di Atacama, Chili.


Data antara tahun 1994 hingga 2014 memberi montase mutiara di sepanjang cincin SN 1987A mulai memudar yang berarti gelombang kejut telah melewati batas onset. Cincin harus lenyap antara tahun 2020 hingga 2030.

Tapi bukan akhir bagi SN 1987A. Titik terang yang tersebar di luar ring menunjukkan supernova menerangi materi sebelumnya tak terlihat. Rumpun bisa mengungkap lebih lanjut asal-usul ledakan.
The Destruction of the Circumstellar Ring of SN 1987A

Claes Fransson, Josefin Larsson, Katia Migotto, Dominic Pesce, Peter Challis, Roger A. Chevalier, Kevin France, Robert P. Kirshner, Bruno Leibundgut, Peter Lundqvist, Richard McCray, Jason Spyromilio, Francesco Taddia, Anders Jerkstrand, Seppo Mattila, Nathan Smith, Jesper Sollerman, J. Craig Wheeler, Arlin Crotts, Peter Garnavich, Kevin Heng, Stephen S. Lawrence, Nino Panagia, Chun S. J. Pun, George Sonneborn, Ben Sugerman

arXiv, Submitted on 25 May 2015, arXiv:1505.06669

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.