Skip to main content

Arsitektur Pluto Dalam Resonansi Gravitasi Chaos

Credit: NASA/ESA/M. Showalter, SETI Institute/G. Bacon, STScI
Laporan Penelitian ~ Bulan keempat terkecil Pluto mungkin lahir dalam kecelakaan. Satu satelit, Kerberos, jauh lebih gelap dari ketiga saudara kandung yang terkunci dalam tarian misterius.

Lima satelit Pluto yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos dan Hydra dikemas bersama-sama seketat mungkin dengan orbit disinkroni yang secara teori keluarga terbentuk dari sisa puing-puing setelah objek besar menabrak Pluto muda.

Charon, bulan terbesar, adalah setengah diameter Pluto itu sendiri. Jika 4 bulan yang lebih kecil adalah sisa puing-puing tabrakan, mereka semua harus terlihat sama. Tapi ini tidak terjadi.

Seperti empat bulan terbesar Jupiter, bulan-bulan Pluto terus datang dan pergi dalam konfigurasi waktu hampir sama. Charon melengkapi tiga orbit di sekitar waktu yang sama setiap goyangan Styx.

Karena tidak mungkin kelima bulan disinkroni secara kebetulan, mereka mungkin memiliki asal yang sama. Jarak berdekatan juga menunjuk kemungkinan ada bulan lain atau cincin bersembunyi di antara 4 bulan terkecil.

Sistem Pluto begitu jauh dari Bumi, bahkan Hubble Space Telescope melihat hanya sebagai bintik cahaya, tapi Kerberos benar-benar lebih gelap dari keempat bulan lainnya.

Credit: NASA/ESA/M. Showalter/SETI Institute
"Ini misteri tidak peduli apa yang Anda lakukan," kata Mark Showalter, astronom SETI Institute di Mountain View, California.

Permukaan Kerberos terlihat berbeda tapi masih mungkin memiliki asal-usul sama dengan Nix dan Hydra jika interiornya identik atau ketidakcocokan massa dan kecerahan dapat menjelaskan mengapa bentuknya berbeda.

"Hydra dan Nix adalah perbandingan Pluto dengan Io, Europa dan Ganymede dalam sistem Jupiter. Pluto kecil, tetapi tidak kecil dalam arti relatif yang mampu menjebak Styx ke dalam resonansi ini," kata Showalter.

Rincian lebih lanjut datang pada bulan Juli ketika wahana NASA New Horizons mencapai Pluto. Sistem miniatur Tata Surya miniatur dan tidak seperti planet dan satelit sistem lain. Arsitektur benar-benar unik.



Resonant interactions and chaotic rotation of Pluto’s small moons

M. R. Showalter1 & D. P. Hamilton2
  1. SETI Institute, 189 Bernardo Avenue, Mountain View, California 94043, USA
  2. Department of Astronomy, University of Maryland, College Park, Maryland 20742, USA
Nature, 03 June 2015, DOI:10.1038/nature14469

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …