Skip to main content

Galaksi Paling Terang WISE J224607.57-052635.0

NASA/JPL-Caltech
Laporan Penelitian - Galaksi paling terang ditemukan, lubang hitam merebus debu kosmik menghasilkan kilau cahaya inframerah masa lalu rasi Aquarius yang menggambil 12,4 miliar tahun untuk mencapai Bumi.

Sebuah lubang hitam supermasif bersembunyi di core galaksi kekuatan suar kosmik. Tungku paling bercahaya meludah keluar ledakan jumlah emisi sebanyak 350 triliun kali Matahari.

Chao-Wei Tsai, astronom NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, dan rekan menemukan galaksi saat menjelajahi data satelit WISE yang menghabiskan 1 tahun survei langit untuk apa pun yang bercahaya dalam inframerah.

Gelombang inframerah WISE J224607.57-052635.0 berasal dari debu yang dipanaskan oleh disk gas berputar di sekitar lubang hitam. Suhu tinggi dan selimut debu menggerakkan galaksi seperti molen penggiling semen.

"Kami melihat fase sangat intens evolusi galaksi. Cahaya menyilaukan mungkin dari percepatan pertumbuhan lubang hitam galaksi," kata Tsai.

Extremely Luminous Infrared Galaxies (ELIRGs) memiliki lubang hitam raksasa di perutnya. Menarik gas dan materi ke dalam disk sekitar, pemanasan disk menderu suhu jutaan derajat sehingga memproduksi energi tinggi.

Tekanan cahaya mendorong gas jauh, menciptakan batas seberapa cepat lubang hitam terus memintal materi. Jika lubang hitam tidak runtuh, secara teoritis gelembung melampau ukuran pada kecepatan ekstrim.
The Most Luminous Galaxies Discovered by WISE

Chao-Wei Tsai, Peter Eisenhardt, Jingwen Wu, Daniel Stern, Roberto Assef, Andrew Blain, Carrie Bridge, Dominic Benford, Roc Cutri, Roger Griffith, Thomas Jarrett, Carol Lonsdale, Frank Masci, Leonidas Moustakas, Sara Petty, Jack Sayers, S. Adam Stanford, Edward Wright, Lin Yan, David Leisawitz, Fengchuan Liu, Amy Mainzer, Ian McLean, Deborah Padgett, Michael Skrutskie, Christopher Gelino, Charles Beichman, Stéphanie Juneau

arXiv, last revised 8 Apr 2015, arXiv:1410.1751

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.