Skip to main content

Testoteron Setting Dominasi Hirarki Lemur Perempuan

Laporan Penelitian - Dominasi sosial perempuan Lemur Malagasi berkat sedikit testosteron, perempuan berperilaku lebih seperti laki-laki di kerajaan mamalia Eulemur.

Lemur Malagasi perempuan lebih agresif, mereka menggigit pasangan, merebut buah dari tangan, memukul kepala atau mengusir laki-laki dari tempat tidur utama.

Perempuan menandai batas-batas wilayah dan mendominasi hirarki sosial sebagai norma. Laki-laki sering tidak mengambil porsi bagian makanan sebelum perempuan kenyang mengisi perut.

"Jika lemur laki-laki menikmati sinar Matahari, perempuan cenderung mendorong ke samping dan merebut tempatnya," kata Joseph Petty, mahasiswa doktoral di Duke University.

Kebanyakan mamalia memberi jalan lebih untuk laki-laki. Perempuan lebih dominan dalam masyarakat hyena karena memiliki tubuh lebih besar dan lebih berat daripada laki-laki. Dominasi perempuan pada lemur tetap teka-teki.

Lemur perempuan tidak lebih besar dari laki-laki dan tidak memiliki tanduk atau taring lebih besar yang memberi keunggulan fisik. Perempuan memiliki kadar testosteron secara signifikan lebih rendah di seluruh panggung.

Tapi Petty dan rekan menemukan 6 spesies lemur yaitu Eulemur rubriventer, E. macaco flavifrons, E. coronatus, E. mongoz, E. fulvus collaris dan E. f. rufus memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari laki-laki.

"Lemur memisahkan diri dari sisa pohon keluarga primata lebih dari 60 juta tahun lalu, tapi evolusi egaliter baru terjadi dalam 2 juta tahun terakhir," kata Petty.
Female rule in lemurs is ancestral and hormonally mediated

Joseph M. A. Petty1,2 & Christine M. Drea1,2,3
  1. University Program in Ecology, Duke University, Durham, NC 27708 USA
  2. Department of Evolutionary Anthropology, Duke University, Durham, NC 27708 USA
  3. Department of Biology, Duke University, Durham, NC 27708 USA
Scientific Reports, 07 May 2015, DOI:10.1038/srep09631

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.