Skip to main content

Cincin Debu HD 115600 Analog Bayi Sistem Tata Surya

Credit: Thayne Currie et al
Laporan Penelitian - Sebuah tim astronom mengintip balita pemijahan sistem solar seperti yang tampak dalam teori pembentukan Tata Surya di awal sejarahnya.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana Tata Surya di awal hari dan bagaimana berevolusi. Tidak ada foto atau orang yang menonton aksi terbentuknya 4,6 miliar tahun lalu.

Tapi astronom melaporkan temuan terbaru dari sistem exosolar jauh di mana area luarnya terlihat banyak seperti dalam teori pembentukan Tata Surya di awal evolusinya.

"Ini seperti melihat sisi luar Tata Surya ketika masih balita," kata Thayne Currie, astronom Subaru Observatory di Mauna Kea, Hawaii.

Bintang HD 115600 terdeteksi Gemini South telescope di Chile, duduk 360 tahun cahaya di konstelasi Centaurus. Fitur bintang sedikit lebih besar dari Matahari dengan cakram debu dan es pada jarak 37-55 AUs (3,4-5,1 miliar mile).

Kira-kira jarak yang sama dari Matahari ke Sabuk Kuiper, wilayah ruang hanya di luar Neptunus yang berisi puing-puing es sisa-sisa dari pembentukan Tata Surya lebih dari 4 miliar tahun lalu.

Credit: Thayne Currie et al
Puing-puing berkisar dalam ukuran titik debu hingga Pluto. Tidak ada planet definitif yang terdeteksi, meskipun fakta disk yang bundar tidak sempurna memiliki pusat yang menunjukkan adanya 1 atau lebih planet.

"Temuan ini langkah awal menuju pemahaman arsitektur sistem planet yang mirip dengan Tata Surya," kata Nikku Madhusudhan, astrofisikawan Cambridge University.

"Kita tidak tahu setiap sistem exoplanet tepat memiliki arsitektur sama dengan sistem Surya bersama semua planet dan Sabuk Kuiper. Tapi setidaknya kita menemukan analog Sabuk Kuiper," kata Madhusudhan.
Direct Imaging and Spectroscopy of a Young Extrasolar Kuiper Belt in the Nearest OB Association

Thayne Currie, Carey M. Lisse, Marc J. Kuchner, Nikku Madhusudhan, Scott J. Kenyon, Christian Thalmann, Joseph Carson, John H. Debes

arXiv, Submitted on 25 May 2015, arXiv:1505.06734

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.