Skip to main content

Chilesaurus diegosuarezi, Dino Vegan Sepupu T. rex

www.LaporanPenelitian.com - Dinosaurus vegetarian sepupu Tyrannosaurus rex di selatan Chili 150 juta tahun yang lalu terlihat seperti mosaik berbagai dinosaurus lainnya.

Kepala kecil, panjang tubuh 3 meter dan bipedal seperti T. rex, tetapi jari besar tumpul bukan cakar setan. Tak seperti T. rex, kaki belakang luas lebih seperti Diplodocus, sementara korset panggul berujung seperti Triceratops.

Chilesaurus diegosuarezi berparuh mirip burung, tetapi fitur kaki belakang mirip dino theropoda, kelompok di mana duduk pembunuh terkenal Velociraptor dan Carnotaurus bertanduk.

Deretan gigi dan fitur rahang mengisyaratkan pemakan tumbuhan, tapi sisa-sisa spesimen kerangka tampak seperti chimera dengan berbagai dinosaurus karnivora dan herbivora.

Chilesaurus keluarga theropoda karena ulang leher, lajur otot panggul dan ekor tersusun yang memungkinkan untuk manuver atletik seperti T. rex bergigi silet, meskipun jauh lebih lambat.

"Chilesaurus salah satu dinosaurus paling aneh yang pernah ditemukan," kata Fernando Novas, kurator dari Natural History Museum Argentina di Buenos Aires.

Panggul mengingatkan ornithischia atau Stegosaurus dan lebar kaki belakang mirip raksasa sauropoda seperti Brontosaurus. Chilesaurus merupakan jenis baru theropoda dengna teka-teki evolusi paleontologi.

Sampai saat ini, theropoda herbivora yang dikenal hanya dalam keluarga dinosaurus yang dekat modern burung, tapi Chilesaurus menunjukkan bahwa diet bebas daging jauh lebih awal dalam catatan.

Chilesaurus hidup di akhir periode Jurassic sekitar 145 juta tahun lalu dan jauh sebelum regim T. rex memerintah di akhir era Cretaceous selama 70-65 tahun lalu.
An enigmatic plant-eating theropod from the Late Jurassic period of Chile

Fernando E. Novas1 et al.
  1. Museo Argentino de Ciencias Naturales “B. Rivadavia”, Av. Ángel Gallardo 470 (C1405DJR), Buenos Aires, Argentina
Nature, 27 April 2015, DOI:10.1038/nature14307. Gambar: Gabriel Lio

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.