Skip to main content

Lensa Galaksi SDP.81 Dengan Cincin Einstein

LaporanPenelitian.com - Citra ALMA menangkap lensa Galaxy SDP.81 dengan Cincin Einstein. Pembengkokan cahaya yang diselenggarakan lensa gravitasi jarak jauh.

Para astronom menggunakan Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA) melihat penampakan menakjubkan lensa gravitasi galaksi HATLAS J090311.6 + 003.906 (SDP.81).

Ditemukan pada tahun 2010 dengan Herschel Space Observatory, SDP.81 tersusun bintang pembektuk galaksi aktif 12 miliar tahun cahaya dari Bumi, sedangkan lensa galaksi yaitu 4 miliar tahun cahaya.

Citra resolusi tertinggi dibuat dengan mengamati cahaya relatif cerah yang dipancarkan debu kosmik galaksi. Gambar mencolok mendefinisikan pola lebih lengkap, struktur cincin hampir berdekatan.

Ring Einstein manifestasi langka dan aneh lensa gravitasi seperti yang diperkirakan Albert Einstein dalam relativitas umum. Gambar resolusi rendah dibuat dengan mengamati tanda tangan molekul samar karbon monoksida dan air.

"Informasi yang terkandung sangat penting bagi pemahaman kita tentang galaksi di alam semesta awal," kata Jacqueline Hodge, astronom National Radio Astronomy Observatory.

ALMA mencapai resolusi maksimum mengejutkan 23 milliarcseconds yaitu hampir sama dengan melihat tepi ring basket di puncak Menara Eiffel dari dek pengamatan di Empire State Building.
ALMA Long Baseline Observations of the Strongly Lensed Submillimeter Galaxy HATLAS J090311.6+003906 at z=3.042

ALMA Partnership, C. Vlahakis, T. R. Hunter, J. A. Hodge, L. M. Pérez, P. Andreani, C. L. Brogan, P. Cox, S. Martin, M. Zwaan, S. Matsushita, W. R. F. Dent, C. M. V. Impellizzeri, E. B. Fomalont, Y. Asaki, D. Barkats, R. E. Hills, A. Hirota, R. Kneissl, E. Liuzzo, R. Lucas, N. Marcelino, K. Nakanishi, N. Phillips, A. M. S. Richards, I. Toledo, R. Aladro, D. Broguiere, J. R. Cortes, P. C. Cortes, D. Espada, F. Galarza, D.Garcia-Appadoo, L. Guzman-Ramirez, A. S. Hales, E. M. Humphreys, T. Jung, S. Kameno, R. A. Laing, S. Leon, G. Marconi, A. Mignano, B. Nikolic, L. -A. Nyman, et al.

arXiv (last revised 3 Apr 2015), arXiv:1503.02652. Gambar: ALMA, NRAO, ESO, NAOJ, B. Saxton, AUI, NSF, NASA, ESA, Hubble, T. Hunter.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.