Skip to main content

Co-Evolusi Pisang Kipas Heliconia tortuosa dan Kolibri

LaporanPenelitian.com - Tumbuhan tropis tahu tagihan bagi bunganya, burung kolibri tepat menyunting gula hnaya ketika panggilan datang.

Beberapa tanaman mendambakan paruh panjang. Salah satu tumbuhan tropis bahkan dapat mengenali siapa jenis burung kolibri yang menyeruput nektar dari bentuk tagihan.

Pisang Kipas (Heliconia tortuosa) hanya menerima serbuk sari dari burung dengan paruh yang sesuai dengan bentuk bunga bahwa fine tuning evolusi bersama antara tanaman dan penyerbuk lebih berlimpah dari dugaan.

Heliconia tortuosa tanaman penuh cinta dengan bunga merah ramping seperti tabung dikunjungi banyak spesies burung. Tapi burung berparuh panjang dan melengkung yang diperbolehkan.

"Masih banyak perdebatan bagaimana kompetisi ketat ketika Anda punya banyak pengunjung spesies berbeda," kata Matthew Betts, ekolog Oregon State University di Corvallis.

Di hutan hujan Kosta Rika yang terfragmentasi memiliki lebih dari 148 spesies penyerbuk dari burung hingga kupu-kupu. Tidak semua penyerbuk diizinkan mencapai tabung serbuk sari.

Mereka yang paling sukses adalah Burung Pertapa Hijau (Phaethornis guy) dan Violet Sabrewing (Campylopterus hemileucurus). Keduanya didukung paruh panjang dan melengkung.

"Lalu pertanyaannya apa isyarat tanaman memberitahu penyerbuk? Mereka tidak punya otak dan tidak bisa melihat, jadi apa yang mereka lakukan?" tanya Betts.

Burung dengan paruh panjang biasa melakukan perjalanan lebih jauh dibanding paruh pendek. Serbuk sari yang jatuh pada jarak jauh meminimalisir perkawinan sedarah sehingga gen tanaman lebih beragam.

"Jika sebuk sari jatuh pada jarak 20 meter, kemungkinan dari bunga tanaman sendiri atau saudara. Tapi serbuk sari pergi jauh tidak mungkin terkait," kata Betts.




Pollinator recognition by a keystone tropical plant

Matthew G. Betts1,2 et al.
  1. Department of Forest Ecosystems and Society, Oregon State University, Corvallis, OR 97331
  2. Department of Botany, National Museum of Natural History, Smithsonian Institution, Washington, DC 20013-7012
Proceedings of the National Academy of Sciences, March 2, 2015, DOI:10.1073/pnas.1419522112. Gambar: EOL; Video: Matthew G. Betts et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.