Skip to main content

Sebuah Bakteri Kuno Tidak Berubah 2 Miliar Tahun

LaporanPenelitian.com - Sebuah organisme belum pernah mengevolusi diri lebih dari 2 miliar tahun, sebuah tim menemukan bakteri laut tidak berubah miliaran tahun.

Sebuah mikroorganisme merasa nyaman dengan dirinya selama hampir setengah sejarah Bumi. Bakteri sulfur yang terlalu kecil dilihat mata telanjang terawetkan dalam batuan berdating 1,8 miliar tahun di perairan Australia Barat.

Bakteri kuno terlihat sama seperti bakteri dari daerah yang sama 2,3 miliar tahun lalu dan kedua set bakteri tidak berbeda dengan bakteri belerang modern yang ditemukan di lumpur pantai Chile.

"Tampak mengejutkan kehidupan tidak berevolusi selama lebih dari 2 miliar tahun. Ini justru sangat cocok dengan Darwin," kata J. William Schopf, biolog University of California Los Angeles.

"Aturan biologi tidak berubah kecuali ada perubahan lingkungan fisik atau biologis. Lingkungan di mana mikroorganisme ini hidup tetap tidak berubah selama 3 miliar tahun," kata Schopf.

"Mikroorganisme ini sederhana, sangat stabil lingkungan fisik dan biologis mereka. Jika mereka berada di lingkungan yang tidak berubah, tapi mereka berevolusi barulah pemahaman kita tentang evolusi Darwin berubah," kata Schopf.

Schopf mengatakan temuan justru memberi bukti lebih lanjut untuk Darwin. Great Oxidation Event terjadi antara 2,2 hingga 2,4 miliar tahun lalu. Acara ini menghasilkan peningkatan dramatis sulfat dan nitrat yang memunculkan kehidupan.

Schopf menggunakan spektroskopi Raman dan laser scanning confocal microscopy untuk membuat fosil dalam 3D. Schopf dan tim adalah pelopor penggunaan kedua teknik untuk menganalisis fosil mikroskopis dalam batuan kuno.
Sulfur-cycling fossil bacteria from the 1.8-Ga Duck Creek Formation provide promising evidence of evolution's null hypothesis

J. William Schopf et al.

Proceedings of the National Academy of Sciences, February 2, 2015, DOI:10.1073/pnas.1419241112. Gambar: UCLA Center for the Study of Evolution and the Origin of Life

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.