Skip to main content

Tinta Cinta, Kawin Cumi Kue Euprymna tasmanica

LaporanPenelitian.com - Ancaman dimakan predator tidak menurunkan hasrat seks Cumi Kue (Euprymna tasmanica). Kawin lebih tinggi dalam daftar prioritas daripada ancaman hidup.

Cinta bisa membuat kamu gila. Tapi saat romansa menghadapi risiko biasanya kamu patah hati. Seks menggairahkan tapi mati. Reproduksi membuat lengah dan mengekspos diri dalam bahaya.

Tidak ada undang-undang bagaimana hewan harus menjemput perkawinan di antara bahaya. Bagi Cumi Kue (Euprymna tasmanica) yang hidup di perairan dangkal Australia tidak surut dalam ritual gamet.

Salah satu predator brutal adalah Ikan Flathead Pasir (Platycephalus bassensis). Sesuai namanya kepala lebar dan pipih dengan rahang kuat yang suka menyaru di bawah pasir.

Euprymna tasmanica kurang banyak diteliti, tapi para ilmuwan tahu sedikit tentang perilaku kawin dasar mereka. Amanda Franklin, zoolog University of Melbourne, dan rekan menonton perilaku kawin dalam tangki.

Kehadiran Platycephalus bassensis tidak berpengaruh secara signifikan. Mereka mengabaikan ancaman dengan menyemprotkan tinta tapi tidak membuat gerakan jet untuk melarikan diri. Mereka tetap kawin.

Sudut pandang evolusi bahwa cumi memprioritaskan kawin di atas keselamatan. Mungkin karena mereka hidup singkat dan soliter. Reproduksi dalam kondisi berbahaya suatu keharusan. Tinta cinta!



Does Predation Risk Affect Mating Behavior? An Experimental Test in Dumpling Squid (Euprymna tasmanica)

Amanda M. Franklin1, Zoe E. Squires1, Devi Stuart-Fox1
  1. Zoology Department, The University of Melbourne, Melbourne, Victoria 3010, Australia
PLoS ONE, December 31, 2014, DOI:10.1371/journal.pone.0115027. Gambar dan video: Amanda M. Franklin et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.