Skip to main content

Wahana NASA Dawn Pendekatan ke Planet Ceres

www.LaporanPenelitian.com - Wahana NASA Dawn memulai pendekatan ke Ceres, sebuah planet kerdil seukuran setengah Indonesia yang belum pernah dikunjungi pesawat ruang angkasa.

NASA Dawn diluncurkan tahun 2007 dan dijadwalkan memasuki orbit Ceres Maret 2015. Dawn melakukan penyisiran pada sisi berlawanan Matahari yang membatasi komunikasi antena di Bumi.

Sekarang Dawn berkomunikasi dengan Bumi lagi, ruang kontrol misi memprogram manuver yang diperlukan untuk fase pendekatan Ceres. Dawn saat ini 640.000 kilometer dari Ceres dalam kecepatan 725 kilometer per jam.

Kedatangan probe di Ceres menandai pertama kalinya sebuah wahana mengorbit 2 target Tata Surya sekaligus. Dawn sebelumnya menjelajahi protoplanet Vesta selama 14 bulan (2011-2012) dan mencatat dara rinci.

"Ceres misteri bagi kita," kata Christopher Russell, peneliti utama misi Dawn, berbasis di University of California, Los Angeles.

"Ceres tidak seperti Vesta, tidak memiliki meteorit terkait untuk membantu mengungkap rahasianya," kata Russell.

Kedua planet dianggap berbeda dalam cara penting. Ceres terbentuk lebih pelan dari Vesta dan interior dingin. Vesta hanya mempertahankan sejumlah kecil air ketika materi radioaktif lebih berlimpah yang menghasilkan lebih banyak panas.

Ceres, sebaliknya, memiliki mantel es tebal dan bahkan mungkin memiliki laut di bawah kerak es. Dengan diameter rata-rata 950 kilometer terlalu besar di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

NASA Dawn menggunakan bateai ion untuk melintasi ruang jauh lebih efisien dibanding propulsi kimia. Muatan listrik diterapkan untuk xenon dan dibebankan grid logam mempercepat partikel xenon jadi pendorong.

Partikel-partikel ini mendorong kembali ketika pendorong keluar, menciptakan gaya reaksi. Dawn telah menyelesaikan lima tahun akumulasi waktu dorong, jauh lebih banyak dari wahana lainnya. (Gambar: NASA/JPL-Caltech)

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.