Skip to main content

Rahang Bukan Penyebab Kepunahan Kerabat Devonian

LaporanPenelitian.com - Rahang tidak membunuh sepupunya, nenek moyang mahkluk berahang tidak bertanggung jawab atas novel kematian sepupu tanpa rahang.

Anda tidak perlu menanggung dosa leluhur ketika mereka masih menghuni samudera. Ikan sangat bergantung pada ketersediaan ekosistem perairan dangkal. Naiknya permukaan laut lebih mungkin untuk disalahkan.

"Nenek moyang vertebrata berahang menyalip kerabat tanpa rahang 400 juta tahun lalu," kata Robert Sansom, paleontolog University of Manchester.

"Tampaknya tidak mungkin melalui kompetisi langsung melainkan ketidakmampuan sepupu tanpa rahang beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungan," kata Sansom.

Keanekaragaman fosil ikan tanpa rahang dengan banser seperti ostracoderm yang dominan di laut kuno. Pola keragaman ostracoderm berkorelasi dengan perubahan kondisi lingkungan dan geologi.

"Kami menunjukkan ketergantungan ikan lapis baja pada lingkungan dangkal mungkin menjadi faktor di balik kepunahan mereka pada periode Devonian ketika permukaan air laut naik," kata Sansom.

"Memahami hubungan keanekaragaman hayati dan perubahan kondisi saat ini mengungkap catatan fosil yang hilang untuk sepupu tanpa rahang," kata Sansom.

"Ada kemungkinan mereka terpancar dan berkembang hingga 20 juta tahun sebelum kejadian pertama yang diketahui dari fosil," kata Sansom.

"Dengan demikian data biologis dan geologis membantu kita memahami sebuah peristiwa evolusioner penting dan merekonstruksi asal-usul kita sendiri sebagai vertebrata berahang," kata Sansom.
Discriminating signal from noise in the fossil record of early vertebrates reveals cryptic evolutionary history

Robert S. Sansom1,2 et al.
  1. Faculty of Life Sciences, University of Manchester, Manchester M13 9PT, UK
  2. School of Earth Sciences, University of Bristol, Life Sciences Building, 24 Tyndall Avenue, Bristol BS8 1TQ, UK
Proceedings of the Royal Society B, 17 December 2014, DOI:10.1098/rspb.2014.2245. Gambar: Emma Randle, University of Manchester

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.