Skip to main content

Detektor Gerakan Alien Kecil Di Planet Jauh

www.LaporanPenelitian.com - Detektor kehidupan kecil merasakan gerakan alien di planet jauh, sebuah tim membangun sensor gerak kehidupan mikroskopis.

Sampai hari ini, para ilmuwan telah mencoba menemukan tanda tangan kehidupan di luar Bumi dengan sinyal suara, scan langit dan dengan mengirimkan probe dan rovers untuk menganalisis sidik jari kimia.

Tapi jalur kimia sangat terbatas bahkan sama sekali tidak relevan dengan biologi alien. Sekarang tim di Swiss dan Belgia tertarik metode baru bahwa gerakan adalah tanda tangan universal kehidupan.

Jika Philae mendarat ke Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko mengendus air maka perangkat detektor gerak dapat merekam kehidupan ekstrim dalam bentuk apapun. Juga di sistem Jupiter, Saturnus atau Mars.

Detektor super sensitif merasakan suatu gerakan nanolevel yang dilakukan semua bentuk kehidupan. Teknologi sensor gerak telah terbukti akurat mendeteksi bakteri, ragi dan sel-sel kanker.

"Detektor nanomotion memungkinkan penyelidikan kehidupan dengan perspektif baru bahwa hidup adalah gerakan," kata Giovanni Longo, teknolog École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Swiss.

"Ini berarti mendeteksi setiap gerakan kecil sistem kehidupan dan memberi sudut pandang yang melengkapi pencarian kehidupan," kata Longo.

Instrumen hanya beberapa ratus mikron yang dapat merasakan gerakan nano terkecil. Ketika Escherichia coli, ragi dan sel-sel manusia, tanaman dan tikus ditempatkan, sensor menghasilkan fluktuasi amplitudo.

Sistem deteksi sederhana, sangat sensitif, ringan dan murah. Prototipe menelan biaya kurang dari US$10.000 dengan daya baterai sangat kecil dan tersimpan dalam box 20x20 sentimeter.



Detecting nanoscale vibrations as signature of life

Sandor Kasas1,2 et al.
  1. Laboratoire de Physique de la Matière Vivante, Institut de Physique des Systèmes Biologiques, Facultè des Sciences des Base, École Polytechnique Fédérale de Lausanne, 1015 Lausanne, Switzerland;
  2. Département des Neurosciences Fondamentales, Faculté de Biologie et de Médecine, Université de Lausanne, 1005 Lausanne, Switzerland; and
  3. Department of Molecular Microbiology, Vlaams Instituut voor Biotechnologie (VIB), B-3001 Leuven, Belgium
Proceedings of the National Academy of Sciences, 29 December 2014, DOI:10.1073/pnas.1415348112. Gambar dan video: Sandor Kasas et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.