Skip to main content

Dampak Asteroid Kuno Bentuk Materi Nucleobase RNA

LaporanPenelitian.com - Meteorit yang menabrak di awal sejarah Bumi memiliki kick kehidupan, tumbukan menghasilkan pangkalan RNA.

Dampak awal asteroid mungkin membantu blog bangunan kehidupan berasal. Materi RNA ditemukan dalam ledakan oleh tembakan laser.

Bombardir asteroid dan komet di Tata Surya miliaran tahun lalu starter kehidupan melompat ke Bumi dengan zap energi intens. Sentakan dilepaskan dampak ledakan cukup kuat memicu pembentukan molekul genetik.

Menggunakan laser daya tinggi, para peneliti simulasi bagaimana tabrakan energi mengekstrak kimia primordial sederhana menjadi fragmen reaktif, blok bangunan materi genetik disebut nucleobase di antara reruntuhan molekul.

"Kami mencari skenario paling sederhana bagaimana nucleobase terbentuk. Ketika hal-hal sederhana lebih mungkin terjadi di suatu tempat," kata David Nesvorný, planetolog Southwest Research Institute di Boulder.

Kehidupan muncul di Bumi 4 miliar tahun lalu pada sekitar waktu yang sama ketika planet mengalami pukulan-pukulan meteorit besar, sebuah acara disebut Late Heavy Bombardment. Para ilmuwan berpikir bukan kebetulan.

Tembakkan laser daya tinggi pada sampel formamida hingga menghasilkan suhu 4200 derajat C. Sinar-X dan radiasi ultraviolet ekstrim bereaksi dengan formamida menciptakan kimia radikal.

Kimia radikal ini pada gilirannya bereaksi dengan hidrogen dan formamida yang tersisa menghasilkan 2,3-diaminomaleonitrile yang merupakan prekursor kimia ke dalam bentuk nukleobasa.

Ketika Nesvorný dan rekan menyelidiki produk reaksi akhir, mereka menemukan semua 4 basis RNA pengkode informasi genetik yaitu adenin, guanin, sitosin dan urasil. Tiga di antaranya juga ditemukan dalam DNA.

Kimia minimalis terbentuk ketika hidrogen sianida bereaksi dengan air yang banyak tersedia di awal Bumi dan memiliki unsur-unsur utama prebiotik hidrogen, nitrogen, karbon, dan oksigen.

Pengeboman Berat Akhir berlangsung sekitar 150 juta tahun, benda besar menghujani Bumi dan Lunar serta Merkurius, Venus dan Mars. Sebuah periode pengumpulan bahan baku yang diperlukan bagi kehidupan berkembang.


High-energy chemistry of formamide: A unified mechanism of nucleobase formation

Martin Ferus1,2 et al.
  1. J. Heyrovský Institute of Physical Chemistry, Academy of Sciences of the Czech Republic, 182 23 Prague 8, Czech Republic;
  2. Institute of Biophysics, Academy of Sciences of the Czech Republic, 612 65 Brno, Czech Republic
Proceedings of the National Academy of Sciences, 8 December 2014, DOI:10.1073/pnas.1412072111. Gambar: Tim Wetherell - Australian National University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.