Skip to main content

Emisi Jet Galaksi Spiral SDSS J164924.01+263502.5

LaporanPenelitian.com - Emisi jet kembar galaksi spiral langka, contoh baru semburan kuat partikel galaksi spiral SDSS J164924.01+263502.5 atau J1649+2635.

Galaksi spiral duduk sekitar 800 juta tahun cahaya dari Tata Surya meludah partikel kuat. J1649+2635 adalah galaksi spiral keempat yang dikenal menghasilkan jet kuat partikel subatomik bergerak di hampir kecepatan cahaya

Pada tahun 1998 astronom menemukan galaksi pertama jenis ini yaitu 0313-192 di gugus Abell 428. Tahun 2011 Sloan Digital Sky Survey dan Very Large Array menemuan Speca (J1409-030) dan awal 2014 muncul J2345-0449 di dekat klaster RBS 2042.

Jet raksasa supercepat ditopang lubang hitam supermasif core galaksi. Galaksi elips dan spiral adalah host lubang hitam, tetapi hanya J1649+2635 dan 3 galaksi spiral lainnya telah terlihat menghasilkan jet besar.

Emisi keluar dari kutub materi disk yang berputar cepat mengorbit lubang hitam masif. Masalahnya adalah secara teoritis galaksi spiral tidak seharusnya meludahkan jet besar seperti itu.

"Dalam rangka mengetahui bagaimana jet ini diproduksi oleh jenis galaksi 'salah', kami perlu menemukan mereka lebih banyak," kata Minnie Mao, astronom National Radio Astronomy Observatory.

J1649 + 2635 luar biasa bukan hanya karena jet, tetapi juga contoh pertama 'grand design' spiral galaksi dengan halo optik berdiameter 313.000 tahun cahaya yang mengelilinginya. Lubang hitam di pusat galaksi memiliki massa 300 ribu hingga 700 ribu kali Matahari.

"Galaksi ini menyajikan kita banyak misteri. Kami ingin tahu bagaimana menjadi aneh seperti ini. Apakah dimiliki jenis yang unik tentang merger struktur spiral?" kata Mao.

"Apakah itu sebuah elips yang memiliki tabrakan lain sehingga membuatnya tumbuh lengan spiral? Apakah karakter unik hasil interaksi dengan lingkungan?" kata Mao.
J1649+26: A Grand-Design Spiral with a Large Double-Lobed Radio Source

Minnie Y. Mao, Frazer Owen, Ryan Duffin, Bill Keel, Mark Lacy, Emmanuel Momjian, Glenn Morrison, Tony Mroczkowski, Susan Neff, Ray P. Norris, Henrique Schmitt, Vicki Toy, Sylvain Veilleux

arXiv (Submitted on 30 Oct 2014), arXiv:1410.8520. Gambar: Mao et al/NRAO/AUI/NSF/SDSS.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Bakteri Usus Bacteroides fragilis Link Autisme

Laporan Penelitian - Autisme mungkin link materi kimia yang diproduksi mikroba usus. Tikus yang cemas dan kurang sosial berawal dari campuran senyawa tertentu di dalam usus dan bakteri adalah biangnya. Temuan mendukung hipotesis microbiome usus penyebab perilaku abnormal pada manusia.