Skip to main content

Shewanella oneidensis Suplai Energi Bersih Baterai Bio

LaporanPenelilitian.com - Energi bersih baterai bio semakin dekat. Hop lektron dinyatakan elektrik terisolasi protein Shewanella oneidensis dan laju perpindahan listrik tergantung orientasi dan kedekatan elektrik konduktif.

Proses alami dapat digunakan untuk meningkatkan baterai bio menghasilkan energi untuk teknologi portabel seperti ponsel, tablet dan laptop oleh kotoran manusia atau hewan.

Banyak mikro-organisme bertahan hidup tanpa oksigen. Shewanella oneidensis bertahan hidup dalam batu terutama mineral besi, memperoleh energi dari pembakaran molekul yang dibawa ke interior sel.

Produk samping reaksi ini adalah aliran listrik yang dapat diarahkan melintasi membran luar bakteri dan dikirim ke bebatuan di lingkungan alam atau grafit elektroda dalam sel bahan bakar.

Bakteri melepaskan muatan listrik dari dalam sel ke dalam mineral seperti kawat netral dalam plug host. Protein multi-haem cytochromes yang terkandung dalam bakteri seperti spesies Shewanella.

"Bakteri menghasilkan listrik di lingkungan tepat. Kami ingin tahu bagaimana sel bakteri mentransfer listrik dan bagaimana elektron bergerak keluar sel," kata Julea Butt, biokimiawan University of East Anglia di Norwich.

"Ini kemajuan menarik dalam pemahaman kita bagaimana beberapa spesies bakteri memindahkan elektron dari dalam ke luar sel dan membantu kita memahami perilaku sebagai modul transfer elektron yang kuat," kata Butt.

"Kami berharap memahami bagaimana proses alami ini bekerja untuk desain protein yang mendukung sel bahan bakar mikroba untuk produksi energi berkelanjutan," kata Butt.
Multi-haem cytochromes in Shewanella oneidensis MR-1: structures, functions and opportunities

Marian Breuer1 et al.
  1. Department of Physics and Astronomy, University College London, London WC1E 6BT, UK
Journal of the Royal Society Interface, 19 November 2014, DOI:10.1098/rsif.2014.1117, Gambar: Marian Breuer et al.

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.