Skip to main content

Gen Bercerita Domestikasi Kucing Liar Jadi Jinak

LaporanPenelitian.com - Gen menceritakan kisah domestikasi kucing rumah, variasi DNA membedakan bagaimana kucing liar mendesis menjadi kitty pendengkur.

Lima gen terlibat dalam perkembangan embrio berbeda antara kucing liar dan kucing rumah terkait migrasi sel pial neural yang mempengaruhi segala sesuatu mulai bentuk tengkorak hingga warna bulu.

Nenek moyang langsung kucing jinak adalah kucing liar Timur Tengah paling lambat sejak 10.000 tahun domestikasi. Genom kucing jinak tidak mengalami tekanan keras evolusi dibandingkan domestikasi anjing.

"Kucing tidak dipilih untuk tujuan keras. Mereka hanya diminta nongkrong di sofa," kata William Murphy, genetikawan Texas A&M University di College Station.

Setidaknya perubahan 13 gen membuat kucing rumah menjadi ramah dengan peran kognisi dan perilaku, termasuk tanggapan rasa takut dan kemampuan memori untuk belajar perilaku baru ketika diberi imbalan makanan.

Kucing pertama kali memasuki masyarakat manusia sekitar 9500 tahun lalu tak lama setelah fajar pertanian di Timur Tengah untuk mengusir tikus yang merampok gudang-gudang gandum.

"Cocok tentang domestikasi kucing. Karena mereka menjelajahi lokasi baru dan janji makanan membuat mereka menempel lingkungan," kata Michael Montague, biolog Washington University School of Medicine di St. Louis.
Comparative analysis of the domestic cat genome reveals genetic signatures underlying feline biology and domestication

Michael J. Montague1 et al.
  1. The Genome Institute, Washington University School of Medicine, St. Louis, MO 63108
Proceedings of the National Academy of Sciences, Jurnal, Tanggal, DOI:10.1073/pnas.1410083111

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.