Skip to main content

Sensasi Hantu dan Penampakan Dunia Gaib Di Lab

LaporanPenelitian.com - Dengan ketukan di bagian belakang, peneliti membuat sensasi hantu. Pengalaman yang aneh halusinasi supranatural diciptakan lab.

Para ilmuwan menginduksi sensasi bulu kuduk bahwa seseorang berdiri di dekatnya ketika sama sekali tidak ada. Efek eksperimental menjelajahi bagaimana beberapa orang meyakini dunia gaib dan penampakan lainnya.

Laporan baru mendukung hipotesis bahwa pengindap skizofrenia dan epilepsi mengalami gangguan dalam sensasi pemantauan yang dihasilkan oleh perbuatannya sendiri memberi kontribusi untuk halusinasi dan delusi.

"Jika sinyal sensorik tertentu tidak disinkronkan dengan benar, kesalahan yang muncul pada otak sendiri ditimpakan pada objek lain," kata Olaf Blanke, neurosaintis École Polytechnique Fédérale de Lausanne di Swiss.

Pada tanggal 29 Juni 1970, pendaki gunung Reinhold Messner dan saudaranya menuruni puncak Nanga Parbat dalam kondisi beku, kelelahan dan kekurangan oksigen melihat kehadiran orang ketiga muncul di sudut pandang.

Pada tahun 2006, Blanke menguji fungsi otak pasien sebelum operasi epilepsi. Setiap kali elektrik merangsang wilayah otak yang bertanggung jawab untuk integrasi sinyal sensorik berbeda dari tubuh, pasien melihat seseorang hadir.

Hantu dan penampakan menjadi tema umum dalam sastra dan agama. Blanke menemukan beberapa kesamaan bagaimana pasien skizofrenia dan epilepsi melihat penampakan menakutkan.

Pencitraan otak menunjukkan delusi hantu memiliki lesi di korteks frontoparietal. Kerusakan area ini mengganggu otak dalam mengintegrasikan berbagai sinyal sensorik dan motorik untuk representasi yang koheren dari tubuh.




Neurological and Robot-Controlled Induction of an Apparition

Olaf Blanke 1,2,3 et al.
  1. Center for Neuroprosthetics, Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Station 19, 1015 Lausanne, Switzerland
  2. Department of Neurology, University Hospital of Geneva, Rue Micheli-du-Crest 24, 1205 Geneva, Switzerland
  3. Laboratory of Cognitive Neuroscience, Brain Mind Institute, Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne, Station 19, 1015 Lausanne, Switzerland
Current Biology, 06 November 2014, DOI:10.1016/j.cub.2014.09.049, Gambar: Alain Herzog/EPFL; Video: epflnews

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.