Skip to main content

Organ Kelamin Ikan Placoderma Antiarch Microbrachius dicki

LaporanPenelitian.com - Fosil ikan placoderma antiarch Microbrachius dicki berdating 385 juta tahun mengisyaratkan vertebrata berahang tertua bersanggama dan membuahi telur secara internal.

Ikan lapis baja Devonian yang sudah punah, Microbrachius dicki, mendorong kembali asal-usul bentuk kawin setidaknya 10 juta tahun dan menjadi kelompok-kelompok lebih primitif dari ikan sebelumnya yang dikenal.

Microbrachius yang meliputi subkelompok paling primitif vertebrata dengan rahang mengungkap beberapa diduga laki-laki memiliki tulang beralur memanjang di setiap sisi panggul.

Alat kelamin tertua yang ditemukan sebelumnya. Fitur menyerupai "claspers" yang digunakan hiu modern dan ikan bertulang rawan lainnya sebagai saluran pengirim sperma saat kawin.

Microbrachius yang tidak memiliki fitur tulang beralur diduga perempuan memiliki punggungan dermal di bawah panggul yang mungkin membantu memegang teguh organ kelamin laki-laki selama kopulasi sisi by sisi.

Fertilisasi eksternal ikan berevolusi lambat, justru fertilisasi intern kebalikan dari kebanyakan diteorikan para ilmuwan. Sekarang satu pertanyaan besar apakah spesies placoderma yang lebih kuno menggunakan cara sama untuk dating 430 juta tahun.

"Gen HOXD13 dapat mengembangkan tungkai dan organ genital pada mamalia dan hiu juga," kata John Long, biolog Flinders University di Adelaide.

"Ikan awal mungkin mengembangkan kemampuan ini dan kemudian hilang. Tapi setelah gen yang ditetapkan dalam tubuh vertebrata, bisa kembali lagi nanti," kata Long.

Copulation in antiarch placoderms and the origin of gnathostome internal fertilization

John A. Long1,2,3 et al.
  1. School of Biological Sciences, Flinders University, 2100, Adelaide, South Australia 5001, Australia
  2. Natural History Museum of Los Angeles County, 900 Exposition Boulevard, Los Angeles, California 9007, USA
Museum Victoria, PO Box 666, Melbourne, Victoria 3001, Australia
Nature, 19 October 2014, DOI:10.1038/nature13825
Gambar dan video: Brian Choo/Flinders University

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.