Skip to main content

Komunikasi Toilet Lemur Berkaki Putih Lepilemur leucopus

www.LaporanPeneliitan.com - Lemur antisosial terus berkomunikasi menggunakan toilet. Lemur Berkaki Putih (Lepilemur leucopus) tidak memiliki Facebook dan Twitter, tapi mereka menulis pesan pada jamban komunal.

Bermata besar, Lemur Berkaki Putih (Lepilemur leucopus), adalah primata paling malas yang menghabiska hari di pohon dan terkenal antisosial. Tidak menyukai kontak dengan anggota lain kecuali untuk kawin.

Mereka menolak untuk mengambil bagian dalam ritual dandan khas primata lain dan tidak ramah untuk berbagi tempat persembunyian pohon dengan orang lain. Tapi L. leucopus check-in satu sama lain tanpa perlu kontak fisik menggunakan toilet.

Meskipun sengaja menghindari satu sama lain, semua keluarga menggunakan jamban yang sama, meninggalkan pesan kimia yang direndam air seni satu sama lain. Sama seperti orang mencorat-coret di dinding bilik toilet.

Dengan mengambil beberapa hirupan mereka mampu mencium aroma kotoran yang berbeda dari teman-teman dan keluarga. Mereka memberitahu kerabat dekat dan memperingatkan para pesaing.

Iris Dröscher, ekolog German Primate Center di Göttingen, dan rekan menghabiskan lebih dari 1.000 jam menonton kebiasaan toilet lemur. Pohon toilet juga untuk memberi peringatan kepada saingan potensial.

"Jejak kimia dalam urin unik untuk setiap lemur, sehingga meninggalkan aroma bagi mereka berinteraksi dan ikatan dengan keluarga tanpa bertemu," kata Dröscher.

Setiap kali mereka merasakan laki-laki penyusup yang tidak disukai, lemur berkunjung ke jamban jauh lebih sering. Materi kimia berbau tajam memperingatkan setiap lemur jantan yang berharap mengambil wilayah atau mencuri perempuan.



Maintenance of familiarity and social bonding via communal latrine use in a solitary primate (Lepilemur leucopus)

Iris Dröscher1, Peter M. Kappeler1,2
  1. Behavioral Ecology & Sociobiology Unit, German Primate Center, Kellnerweg 4, 37077 Göttingen, Germany
  2. Department of Sociobiology/Anthropology, Johann-Friedrich-Blumenbach Institute of Zoology & Anthropology, University of Göttingen, Kellnerweg 6, 37077 Göttingen, Germany
Behavioral Ecology and Sociobiology, 16 October 2014, DOI:10.1007/s00265-014-1810-z
Gambar: Iris Dröscher, video: German Primate Center

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.