Skip to main content

Radiasi Hawking Muncul Dari Lubang Hitam Sonik di Lab

LaporanPenelitian.com - Radiasi Hawking telihat dalam lubang hitam suara, penciptaan di laboratorium memancarkan energi seperti yang diprediksi, tetapi eksperimen mungkin tidak definitif.

Sebuah dentum lubang hitam diproduksi di lab mengkonfirmasi keberadaan radiasi yang diprediksi fisikawan University of Cambridge Stephen Hawking. Jika divalidasi penelitian lebih lanjut, temuan memberi bukti partikel berkedip masuk dan keluar massa lubang hitam.

Jeff Steinhauer, fisikawan Technion-Israel Institute of Technology di Haifa, menemukan cara meniru Hawking radiation. Pada tahun 1974 Hawking yakin ketika salah satu dari sepasang partikel materi atau anti-materi ditarik ke dalam lubang hitam mengalir bebas ke ruang.

Sejak itu, fisikawan telah mencoba untuk mendeteksi berasal dari lubang hitam atau menciptakan kembali di laboratorium entah bagaimana. Sejauh ini, belum ada yang mampu melakukan keduanya, meskipun Steinhauer mengklaim datang lebih dekat.

Steinhauer ini didasarkan pada teori bahwa cairan kuantum harus dapat meniru cakrawala apa yang terjadi saat peristiwa lubang hitam. Steinhauer menggunakan suara daripada cahaya.

Beberapa atom rubidium didinginkan di atas nol mutlak, sehingga berperilaku sebagai objek kuantum tunggal cairan. Selanjutnya, laser menyebabkan cairan bergerak lebih cepat dari suara. Gelombang suara terjebak meniru dampak gravitasi dalam lubang hitam.

Setup mengakibatkan pasang gelombang suara tercipta dan tiba-tiba menghilang, meniru partikel materi dan anti-materi di dekat lubang hitam. Kadang-kadang salah satu partikel berpasangan ditarik, sementara yang lain tidak.

Steinhauer kemudian memperkuat dengan mendirikan cakrawala peristiwa sekunder yang menyebabkan gelombang suara bangkit kembali dan sebagainya, membangun cukup untuk memungkinkan pengukuran.

"Ini memberitahu kita bahwa gagasan Hawking benar-benar bekerja. Sebuah lubang hitam harus benar-benar menghasilkan radiasi Hawking," kata Steinhauer.

"Radiasi Hawking eksponensial tumbuh, self-amplifies. Memungkinkan saya untuk mengamati, karena amplitudo tumbuh," kata Steinhauer.
Observation of self-amplifying Hawking radiation in an analogue black-hole laser

Jeff Steinhauer1
  1. Department of Physics, Technion-Israel Institute of Technology, Technion City, Haifa 32000, Israel
Nature Physics, 12 October 2014, DOI:10.1038/nphys3104
Gambar: Jeff Steinhauer

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.