Skip to main content

Asteroid Chicxulub Membuka Panggung Kehidupan Modern

www.LaporanPenelitian.com - Angiosperma dan tanaman berbunga konifer tumbuh cepat pasca kelenyapan dino. Beberapa saat setelah asteroid Chicxulub menyapu bersih dinosaurus sekitar 66 juta tahun lalu menciptakan hutan tanaman daun.

Sekitar 66 juta tahun lalu batu angkasa selebar 10 km yang memukul planet Bumi tepat di Chicxulub Meksiko meninggalkan kawah seluas 150 kilometer, tsunami, kebakaran hutan, gempa dan letusan gunung yang menyapu bersih dinosaurus dan hutan.

Chicxulub adalah novel dramatik. Tapi kimamat kolosal membuka jalan munculnya mamalia dan setting panggung kehidupan modern. Komunitas tumbuhan beraneka ragam selama 1,4 juta tahun akhir Cretaceous dan 800 ribu tahun pertama Paleogen.

Angiosperma tumbuh lambat digantikan rekan-rekan cemara. Daun lebih tipis dan ringan dengan urat lebih banyak, meskipun cepat gugur dan harus berganti setiap tahun. Daun gugur mengambil karbon lebih cepat daripada sepupu hijau mereka.

"Kepunahan itu tidak acak dan cara tanaman merespon gangguan besar. Dan memberitahu mengapa kita menemukan hutan modern umumnya gugur, bukan hijau," kata Benjamin Blonder, ekolog University of Arizona.

Blonder dan rekan menyelidiki 1.000 fosil daun yang terbaring di batuan Hell Creek Formation selatan North Dakota. Pendekatan baru memungkinkan peneliti memprediksi spesies menggunakan karbon dan air yang tersembunyi jutaan tahun di bawah sedimen.
Plant Ecological Strategies Shift Across the Cretaceous–Paleogene Boundary

Benjamin Blonder1,2 et al.
  1. Department of Ecology and Evolutionary Biology, University of Arizona, Tucson, Arizona, United States of America
  2. Rocky Mountain Biological Laboratory, Gothic, Colorado, United States of America
PLOS Biology, September 16, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pbio.1001949

Gambar: Donna Braginetz/Denver Museum of Nature & Science

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.