Skip to main content

Paus Biru Balaenoptera musculus Bangkit Kembali

LaporanPenelitian.com - Jumlah Paus Biru California rebound. Hitung baru jumlah Paus Biru (Balaenoptera musculus) di lepas pantai California pada angka 2.200 individu yang mewakili sekitar 97 persen populasi pre-whaling.

Populasi Paus Biru (Balaenoptera musculus) di timur Pasifik Utara dianggap 'habis' di bawah Undang-Undang US Marine Mammal Protection dan tercantum dalam ‘red list’ oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) serta rmasuk dalam US Endangered Species Act.

Namun laporan baru bangkit kembali. Hewan terbesar di Planet Bumi hari ini lambat pulih setelah hampir punah diburu. Para ilmuwan melaporkan populasi Paus Biru California berjumlah sekitar 2.200 atau hampir setinggi pada awal 1900-an.

Mungkin pada kisaran 97% dari ukuran ekosistem yang benar-benar mendukung, meskipun penangkapan komersial berakhir pada tahun 1971 dan jumlah populasi saat ini "cukup mapan" bahwa indikasi tidak pernah pulih dan ada sesuatu yang mencegah dari pemulihan.

Beberapa peneliti menyarankan tabrakan fatal dengan kapal yang bergerak cepat adalah salah satu alasan jumlah semakin menurun. Data tag satelit lebih dari 150 Paus Biru di California menghabiskan sejumlah besar waktu makan di area tumpang tindih dengan kapal kargo.

"Pandangan pribadi saya adalah kita tidak ingin ada tabrakan kapal pada Paus Biru. Ini tragedi tidak peduli berapa jumlahnya," kata Trevor Branch, oceanografer University of Washington.

Semua pertanyaan mengenai langkah-langkah untuk memindahkan jalur pelayaran dan mengontrol kecepatan kapal dibenarkan. Pada akhirnya bola di tangan pembuat kebijakan untuk memutuskan upaya untuk mengurangi tabrakan.
Do ship strikes threaten the recovery of endangered eastern North Pacific blue whales?

Cole C. Monnahan1, Trevor A. Branch2 and André E. Punt2
  1. Quantitative Ecology and Resource Management, Seattle, Washington 98195, U.S.A
  2. School of Aquatic and Fishery Sciences, Seattle, Washington 98195, U.S.A
Marine Mammal Science

Akses : DOI:10.1111/mms.12157

Gambar: Gilpatrick/Lynn/NOAA

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.