Skip to main content

Neurosaintis Demonstrasi Komunikasi Sadar Otak ke Otak

Laporan Penelitian - Pertama kali inovasi bioteknologi neurosains komunikasi direct brain to brain dua Manusia. Transmisi kata-kata 'hola' dan 'ciao' langsung otak ke otak antar dua subyek manusia memaku tonggak peradaban komunikasi.

Tim peneliti internasional mencicipi teknologi Internet-linked electroencephalogram (EEG) and robot-assisted and image-guided transcranial magnetic stimulation (TNS) untuk mengirim sinyal dari batin ke batin.

Langkah luar biasa komunikasi manusia dalam jarak ribuan mil adalah bukti prinsip pengembangan komunikasi otak-otak. Langkah pertama eksplorasi kelayakan melompati komunikasi berbasis bahasa atau motor berbasis tradisional.

Sebuah tindak lanjut yang dibangun sebelumnya teknologi berbasis EEG interaksi otak manusia-komputer bahwa elektroda melekat di kulit kepala mencatat pikiran seseorang di otak kemudian komputer menafsirkan sinyal output kontrol ke robot.

Tapi dalam eksperimen baru peneliti menambah ujung sistem komputer dengan manusia. Empat peserta sehat berusia 28-50 ditugaskan ke cabang antarmuka menggunakan EEG dalam kode biner dari India ke Prancis.

Subyek mengalami phosphenes yaitu kilatan cahaya di penglihatan tepi. Lampu muncul dalam urutan numerik yang memungkinkan penerima memecahkan kode pesan sementara subjek benar menerima kata-kata. Tes serupa di Spanyol dan Perancis.

"Menggunakan neuroteknologi presisi, kita mampu secara langsung dan non-invasif mengirimkan pikiran orang ke orang lain tanpa harus berbicara atau menulis," kata Alvaro Pascual-Leone, neurosaintis dari Harvard Medical School di Boston.



Conscious Brain-to-Brain Communication in Humans Using Non-Invasive Technologies

Carles Grau1,2 et al.
  1. Starlab Barcelona, Barcelona, Spain
  2. Neurodynamics Laboratory, Department of Psychiatry and Clinical Psychobiology, Psychology and Medicine Faculties, University of Barcelona, Barcelona, Spain
PLoS ONE, August 19, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0105225

Gambar: Carles Grau et.al., DOI:10.1371/journal.pone.0105225

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.