Skip to main content

Variasi Gen Tersembunyi Dibalik Rahasia Centenarian

Laporan Penelitian - Varian gen membantu orang hidup sampai 100 tahun. Rahasia genetik centenarian mulai terurai dan mengisyaratkan kolesterol rendah berperan dalam umur panjang. Laporan pertama deteksi genotipe langka meniup 100 lilin.

Hipotesis genetika menyumbang hingga 30 persen variabilitas umur manusia. Tapi sejauh ini hanya 2 gen dikaitkan umur panjang dan tidak memiliki pengaruh besar membuat teka-teki genetik kadang-kadang menjadi heritabilitas yang hilang.

Kecurigaan berkembang mutasi langka berada di belakang umur panjang. Tapi bisa terjawab dengan penelitian genetik standar sekuen potongan kecil DNA untuk varian yang dikenal daripada menjelajahi genom lengkap.

Untuk mencari mutasi langka tersembunyi, Timothy Cash, genetikawan Spanish National Cancer Research Centre di Madrid, dan rekan sekuensing seluruh exome (protein-coding DNA) 3 centenarian Spanyol dan 4 saudara kandung mereka.

Hasil sekuen lalu dibandingkan dengan exome dari 800 orang yang memiliki rentang hidup rata-rata. Satu gen apolipoprotein B memiliki mutasi langka pada keluarga berumur panjang. Protein dibuat oleh gen respon kolesterol dalam darah.

"Ini memperkuat hipotesis bahwa kesehatan jantung merupakan faktor penting penuaan secara keseluruhan," kata Cash.

Penelitian sebelumnya telah mengkaitkan varian gen ini juga mempengaruhi transportasi kolesterol dan mengurangi risiko Alzheimer. Gen lain terlibat dalam umur panjang yaitu FOXO3A yang mempengaruhi respon terhadap insulin.
Exome sequencing of three cases of familial exceptional longevity

Timothy P. Cash et al.

Aging Cell, 12 AUG 2014

Akses : DOI:10.1111/acel.12261

Comments

Populer

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati. Meskipun penelitian ilmiah yang pernah dilakukan selalu dituduh bermuatan sentimen, temuan selalu konsisten bahwa orang-orang religius cenderung berbohong dan membesar-besarkan kegiatan amal.


Jangan khawatir karena ini bukan lelucon, tapi premis dimana agama membuat anak-anak yang polos menjadi serakah. Anak-anak ateis lebih murah hati dan kurang menghakimi dibanding anak beragama.

Anak-anak yang dibesarkan dari rumah tangga religius menghasilkan moral paling buruk dan suka menghakimi dibanding anak-anak yang dibesarkan dari keluarga non-religius.

Para ilmuwan dari 7 universitas mempelajari perkembangan moral 1.200 anak Islam, Kristen dan non-agama berumur 5 hingga 12 tahun di AS, Kanada, China, Yordania, Turki dan Afrika Selatan.

Komposisi anak adalah 24% Kristen, 43% Islam dan 27,6% non-agama. Jumlah Yahudi, Buddha, Hindu, agnostik …

Cacing Mata Sapi Thelazia gulosa Menginfeksi Mata Manusia

Seorang wanita berusia 26 tahun merasakan sesuatu di mata kiri selama berhari-hari, tapi ini bukan bulu mata yang menyebalkan atau serangga yang menyemprotkan racun ke wajahnya. Seminggu setelah iritasi pertama, penduduk Oregon tersebut menarik cacing transparan panjang 1 sentimeter dari matanya.

Sebuah kasus kambuhan manusia pertama yang pernah dilaporkan tentang parasit mata sapi, Thelazia gulosa. Selama 20 hari, dia dan dokter menyingkirkan 14 cacing dari mata yang terinfeksi. Tim dokter melaporkan ke di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene. Setelah itu tidak ada lagi sintom iritasi mata.


"Ini peristiwa sangat langka dan menarik dari perspektif parasitologis. Mungkin tidak begitu menyenangkan jika Anda pasiennya," kata Richard Bradbury, parasitolog di U.S. Centers for Disease Control and Prevention di Atlanta.

T. gulosa adalah nematoda di Amerika Utara, Eropa, Australia dan Asia Tengah. Mereka menginfeksi mata ternak yang besar dan menghabiskan tahap larva di …

Kecepatan Perjalanan Cahaya Tidak Selamanya Konstan

LaporanPenelitian.com - Kecepatan cahaya tidak konstan selamanya, struktur pulsa dapat memperlambat foton bahkan dalam ruang hampa.